Education

Latih Konsentrasi dengan Memanah

By  | 

Walau masih kecil, ternyata bukan halangan Si Kecil bisa beraksi ala Robin Hood yang tenar dengan keahliannya memanah lho, Mamas. Memang olahraga ini tak setenar sepak bola. Bisa dibilang, panahan barang langka di Indonesia. Meski begitu, bukan berarti di Jakarta tidak ada aktivitas ini. Anda bisa datang ke Jakarta Archery di Lapangan Senayan, Jakarta. Anda akan menemukan anak-anak tengah asyik memanah,mengangkat busur, dan membidik anak panah.
Memanah adalah olahraga untuk melatih disiplin, fokus, konsentrasi, dan mengontrol emosi. Perlu ketenangan dan tidak boleh terburu-buru.

 Di Jakarta Archery, anak-anak akan diberikan free trial alias gratis selama 30 menit. Setelah itu, baru dilihat sejauh mana ia antusias belajar panahan.Sebelumnya anak akan diberi pengenalan mengenai alat dan bisa langsung mencobanya. Anda bisa datang pada hari Sabtu atau Minggu dari pukul 09.00-14.00. Jika Anda tak memiliki perlengkapan alat memanah,Jakarta Archery akan meminjamkannya kok.
Jika anak Anda tertarik belajar panahan lebih lanjut, ia bisa mengikuti kelas reguler untuk sekali pertemuan yang berlangsung selama dua jam dengan membayar biaya pendaftaran Rp 250.000. Nanti Si Kecil sudah mendapatkan arm guard, finger tap, dan string atau tali.

Manfaat lain belajar memanah:
1. Lebih tenang. Saat memanah Si Kecil harus bisa mengendalikan diri. Jika tidak, sangat sulit bisa mengendalikan anak panah dan melepaskannya menuju target. Dengan latihan rutin, Si Kecil bisa terlatih mengendalikan pikiran, dan lebih tenang dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

2. Fokus pada tujuan. Si Kecil akan  dilatih memusatkan pikiran pada satu titik target yang akan dicapai. Saat pikiran  terpusat di sana, dengan sendirinya tubuh akan meresponsdan bergerak menuju target itu.

3. Berani. Menarik busur panah itu perlu keberanian, dan kekuatan tentunya. Berani mengeluarkan energi yang ada dan mengarahkannya penuh keyakinan. Tak boleh ragu ya. Hal ini yang dilatih dalam proses memanah. Tanpanya, tak mungkin anak panah akan melesat menuju sasaran yang tidak dekat jaraknya.

4. Meraih kemenangan. Tentu saja ini adalah harapan semua orang. Dalam memanah, kita perlu perjuangan. Namun, untuk meraihnya, point di atas harus bisa diraih terlebih dahulu. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto)

Shares