Health

Makanan dan Minuman untuk Tidur Lebih Nyenyak

By  | 

Setelah seharian bekerja atau beraktivitas serta mengurus Si Kecil, Anda pasti ingin bisa tidur nyenyak saat malam sehingga bisa bangun dengan segar keesokan harinya bukan, Mams? Namun, ada kalanya Anda mengalami insomnia meskipun Anda sudah sangat mengantuk dan lelah. Bisa jadi, hal ini terjadi karena Anda mengonsumsi makanan tertentu yang membuat Anda sulit tidur seperti minum kopi misalnya. Atau Anda memikirkan sebuah pekerjaan atau hal yang akhirnya malah membuat Anda tak bisa memejamkan mata dalam waktu lama. Nah, Mams, untuk mengatasi hal ini, memang ada beberapa tip yang bisa dilakukan (baca : Mau Tidur Anda Berkualitas? Ini Tipnya, Mams), namun sebetulnya Anda juga perlu tahu bahwa ada makanan dan minuman tertentu yang bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak. Apa saja sih? Ini dia, Mamas.

1. Ceri. Buah mungil berwarna merah ini mengandung melatonin, yaitu zat kimia yang bisa membantu mengontrol ‘jam tidur tubuh kita’. Hal ini dikatakan Keri Gans, seorang ahli nutrisi dari New York dan penulis buku The Small Change Diet. Bahkan sebuah penelitian juga mengatakan, minum jus ceri secara rutin juga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur dari Anda yang mengalami insomnia kronis.

2. Susu. Anda tentu ingat, ibunda atau nenek Anda dulu kerap memberikan segelas susu hangat jika Anda tengah kurang enak badan, agar tidur Anda lelap, bukan? Ini memang sangat tepat karena susu mengandung serotonin dan tryptopthan yang bisa membantu membuat tidur lebih nyenyak.

3. Pisang. Buah berkulit kuning atau hijau ini mengandung magnesium dan potasium, yaitu zat mineral yang bisa merelakskan otot sehingga membuat tubuh lebih ‘ringan’ dan mampu tidur lebih cepat.

4. Almond. Kaya akan magnesium, yaitu zat mineral yang diperlukan untuk mendapatkan tidur berkualitas. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Orthomolecular Medicine mengatakan, ketika tubuh kekurangan zat magnesium maka hal itu akan memengaruhi Anda untuk lebih susah tidur.

5. Daun selada. Konsumsi salad dengan campuran daun selada sebelum tidur adalah pilihan yang layak dipertimbangkan. Selain rendah kalori, selada berkandungan lactucarium, yang memiliki efek seperti halnya opium pada otak. Di samping dimakan langsung, Anda juga bisa minum rebusan daun selada yang dicampur daun mint. Rebus empat lembar daun selada dengan segelas air selama 15 menit, kemudian masukkan sedikit daun mint, lalu minum sebelum Anda bersiap tidur.

6. Teh kamomil. Secangkir teh kamomil hangat sebelum tidur adalah pilihan tepat untuk Anda yang alami bermasalah dalam tidur. Menurut sebuah penelitian, konsumsi teh tersebut bisa meningkatkan fungsi glycine, sebuah zat kimia yang merelakskan otot-otot yang tegang.

7. Madu. Menurut nutrisionis Lindsey Duncan pada DrOz.com, sesendok makan madu yang dicampur secangkir teh kamomil akan membuat tidur Anda jauh lebih nyenyak. Coba deh, Mamas!(Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

 

 

 

Shares