Mind

7 Pertanyaan yang Harus Diajukan Sebelum Babymoon

By  | 

Dewasa ini banyak pasangan yang memilih untuk pergi babymoon di trimester kedua. Pasalnya pada saat itu kandungan calon mama relatif sudah aman dan Anda telah melewati fase morning sickness yang kerap terasa menyiksa. Namun sebelum Anda memutuskan untuk booking transportasi maupun penginapan, ada baiknya Anda mengajukan tujuh pertanyaan berikut dan temukan jawabannya baik dari para ahli maupun browsing di internet.

1. Apakah saya harus divaksin sebelum babymoon? Tanyakan hal ini pada dokter Anda ya, Mams setelah Anda mengetahui area babymoon yang akan dituju. Cari info vaksin apa yang Anda butuhkan di tempat tujuan dan konsultasikan pada dokter kandungan Anda. Beberapa vaksin memang aman untuk calon mama, namun beberapa vaksin seperti MMR, zostavak dan HPV dinyatakan tidak aman bagi wanita hamil.

2. Berapa lama perjalanan yang aman untuk saya? Duduk terlalu lama memang tidak dianjurkan bagi calon mama. Para ahli menyatakan sebaiknya calon mama tidak bepergian ke tempat yang jarak tempuhnya lebih dari enam jam. Jika lebih lama, Anda dianjurkan untuk mampir di jalan apabila bepergian dengan mobil. Atau sesekali berjalan di lorong pesawat jika Anda traveling dengan jalur udara.

3. Apakah destinasi yang saya inginkan terkena virus zika? Yang satu ini juga sangat penting lho, Mams. Anda harus mengetahui apakah destinasi yang Anda tuju terkena wabah virus yang berbahaya bagi janin tersebut. Klik http://wwwnc.cdc.gov/travel/page/zika-travel-information untuk mengetahuinya.

4. Apa saja peraturan airline yang saya gunakan terhadap wanita hamil? Jika Anda bepergian dengan pesawat terbang, pastikan Anda menginformasikan pada pihak maskapai bahwa Anda tengah mengandung. Beberapa maskapai akan meminta surat keterangan dokter, ada juga yang meminta Anda untuk mengisi surat pernyataan.

5. Apakah kulit saya yang sedang mengalami perubahan hormon akan bermasalah jika saya berjemur di pantai? Banyak calon mama yang memilih destinasi babymoon ke area pantai. Dan kulit calon mama yang terkadang bermasalah akan lebih memburuk jika tidak dilindungi dengan baik. Gunakan sunblock yang aman bagi wanita hamil dan sebisanya Anda bermain di pantai kala cahaya matahari mulai memudar atau sebelum matahari terbit.

6. Dimanakah klinik terdekat dari tempat saya menginap? Sebelum berangkat, Anda harus mengetahui dengan pasti klinik atau rumah sakit yang paling dekat dengan tenpat Anda menginap ya, Mams. Dengan begitu, jika terjadi sesuatu Anda dengan mudah dapat mencapai klinik tersebut.

7. Siapa saja tamu di penginapan saya? Calon mama memang butuh ketenangan, karena nantinya selama bertahun-tahun Anda akan sibuk mengurus Si Kecil yang tentu saja jauh dari tenang. Ada baiknya Anda booking penginapan yang bukan hotel keluarga agar Anda dapat beristirahat dengan tenang dan menikmati relaksasi maksimal. Pilih hotel atau resort untuk pasangan yang tengah honeymoon. (Karmenita Ridwan/Photo: Various)

Shares