Parenting

Bagaimana Sebaiknya Quality Time Bersama Anak?

By  | 

Ketika kedua orang tua memiliki pekerjaan di luar, mereka biasanya mencoba mengatur waktu mereka sedemikian rupa agar dapat memiliki quality time yang cukup bersama anak-anak mereka. Namun seperti apa sih sebenarnya quality time yang baik bagi anak maupun orangtua?

Sudah lebih dari satu dekade, Dokter Spesialis Anak asal Amerika, dokter Benjamin Spock,  memberikan nasihat kepada banyak orang tua tentang bagaimana membesarkan anak-anak mereka. Dalam kutipan dari buku miliknya, “Dr. Spock’s Baby and Child Care”, ia membagikan salah satu dari 19 poin yang ia yakini paling penting bagi orang tua, untuk tetap mengingat tentang peran mereka dalam kehidupan anak, yaitu quality time.

Dari sudut pandang praktis, quality time menyiratkan interaksi yang dekat, memelihara, dan responsif penuh kasih. Quality time sendiri sebenarnya bisa dilakukan di sela-sela waktu singkat Anda bersama anak. Quality time dapat terjadi selama waktu mengemudi saat mengantar anak ke sekolah, waktu makan, dan semua waktu rutin bersama anak. Perjalanan ke supermarket atau department store bisa jadi kesempatan Mamas untuk berbicara, mendengarkan, serta ‘mengajar’. Jadi waktu yang berkualitas tidak berarti melakukan sesuatu yang tidak biasa.

Dr. Spock mengatakan bahwa pada beberapa orang tua, mereka berpikir bahwa saat menghabiskan quality time bersama anak, mereka wajib untuk berbicara, bermain, dan mendongeng untuk anak-anak mereka. Hal seperti ini pada satu waktu bisa jadi terlalu memaksakan, hingga kesabaran dan kesenangan bisa saja justru hilang karena ekspektasi yang terlalu tinggi untuk mendapatkan quality time ini. Anak pun akan merasa tak nyaman dengan quality time versi ini.

Keprihatinan lain Dr. Spock ia tujukan pada beberapa orang tua salah mengartikan kata quality time, dimana mereka beranggapan bahwa waktu yang berkualitas bersama anak itu berarti bahwa tidak masalah berapa banyak waktu yang mereka habiskan bersama anak-anak mereka, selama waktu yang mereka habiskan penuh dengan “kualitas”. Padahal, kuantitas waktu juga penting. Anak-anak hanya perlu berada di sekitar orang tua mereka, memperhatikan tingkah laku orangtua, belajar dari contoh sehari-hari mereka, dan mengetahui bahwa mereka adalah bagian penting dari kehidupan mereka. Kuncinya adalah menemukan keseimbangan yang tepat: untuk menghabiskan waktu sebanyak mungkin dengan anak-anak Anda, tetapi tidak dengan mengorbankan kebutuhan pribadi Anda sendiri.

Jadi, quality time sebenarnya bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja bersama anak ya, Mamas? Tanpa paksaan, dilakukan dengan menyenangkan, dan tanpa mengesampingkan diri Anda sendiri. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares