Health

Perubahan Fisik Calon Mama di Trimester Dua

By  | 

Mamas to be, jika di trimester pertama Anda berhadapan dengan perubahan hormon yang menyebabkan morning sickness, lemas, dan penciuman Anda menjadi lebih sensitif, di trimester kedua Anda relatif sudah lebih segar, nafsu makan mulai meningkat, dan sebagian besar mamas to be sudah bebas dari morning sickness. Namun pada periode
ini fisik Anda juga mengalami beberapa perubahan lain. Apa saja perubahan tersebut?

  1. Perut Anda mulai membuncit. Di trimester pertama banyak wanita hamil yang tidak tampak hamil karena belum banyak perubahan pada bentuk tubuhnya. Namun saat kehamilan sudah memasuki trimester dua, kehamilan Anda sudah mulai nampak akibat pertumbuhan janin yang membuat perut kian membesar.
  2. Mendengkur. Hal ini terjadi akibat aliran darah Anda meningkat ke lapisan kulit dalam atau membrane mukosa termasuk hidung Anda. Jangan heran jika untuk pertama kalinya Anda jadi mendengkur Mams. Untungnya banyak obat yang aman untuk mengatasi permasalahan ini.
  3. Nyeri pada bagian kaki. Tiga dari empat wanita hamil mengalami hal ini sejak kehamilan memasuki usia 22 minggu hingga saat melahirkan. Untuk mengatasinya, tetap aktif bergerak, namun hindari berdiri terlalu lama ya. Saat berbaring, naikkan kaki Anda di atas tumpukan bantal, hal ini dapat membantu mereduksi nyeri pada bagian kaki.
  4. Gusi lebih sensitif. Terkadang malah berdarah, tetapi hal tersebut wajar, Mams. Anda harus waspada jika pendarahannya terus menerus dan gusi memerah, bisa jadi Anda mengidap gingivitis, jadi segera kunjungi dokter ya.
  5. Sering sakit kepala. Pada periode ini tekanan darah Anda memang menurun, atasi dengan relaks, sering mengonsumsi makanan sehat dalam porsi kecil, serta banyak minum air putih atau sari buah segar.
  6. Nyeri pada bagian abdomen. Hal ini lumrah terjadi mengingat perut Anda harus menyangga janin yang cukup berat dan semakin besar setiap hari. Saat nyeri menyerang Anda, cobalah relaks dengan duduk bersandar kemudian tarik napas perlahan dan buang napas.
  7. Kram kaki. Hal ini banyak dialami wanita hamil saat memasuki trimester dua hingga masa akhir kehamilan. Bukan hanya karena perubahan hormon dan akibat kaki menyangga berat badan Anda yang kian meningkat. Namun juga disebabkan kurangnya kadar kalsium dan magnesium karena diserap oleh janin. Oleh karena itu pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat yang kaya kedua zat tersebut.
  8. Timbul varises. Jangan panik dulu Mams, varises tersebut akan hilang kok saat Anda melahirkan nanti, kecuali jika Anda sudah memiliki varises sebelum masa kehamilan.
  9. Perubahan di ‘kamar tidur’. Di masa ini, beberapa wanita justru merasa dirinya lebih ‘hot’ daripada sebelumnya. Komunikasikan kabar gembira tersebut pada pasangan ya Mams, dan nikmati sesi
    bercinta yang lebih panas dari biasanya. (Karmenita Ridwan/LD/Photo:
    istockphoto.com)

Shares