Benarkah Calon Mama Lebih Rentan Terserang Virus?

By  | 

Q & A bersama dr. Putra Ismaya Abral, Sp.OG seputar permasalahan kesehatan yang biasa dialami calon mama. Sebelumnya telah LIVE melalui Instagram @thesmartmamas.

Benarkah calon mama lebih rentan terserang virus?

Imunitas tubuh wanita hamil memang akan lebih rendah 3 – 4 kali daripada mereka yang tidak hamil. Jadi sebaiknya, agar tidak terserang berbagai virus mulai dari yang ringan (influenza) hingga berat (campak, rubella), pahami aturan hidup sehat dan konsumsi vitamin bila perlu.

Jenis – jenis vitamin yang boleh dikonsumsi selama hamil?

Vitamin C – Saya lebih menganjurkan vitamin C berselaput yang ketika dikonsumsi tidak akan membahayakan lambung. Selain itu, asam folat untuk produksi, perbaikan dan fungsi DNA, serta tumbuh kembang janin dan plasenta.

Sumber – sumber vitamin ini bisa diperoleh dari apa saja selain obat?

Bisa, dong! Konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang, air putih cukup, konsumsi madu murni misalnya – 1 hingga 2 kali sehari. Olahraga juga disarankan untuk dilakukan. Jika usia kandungan belum sampai 7 bulan, calon mama bisa melakukan aktivitas ringan seperti berjalan kaki atau baby moon bersama pasangan. Jika usia kandungan sudah diatas 7 bulan, paling aman melakukan senam hamil atau berenang. Perhatikan juga soal higienitas, ya.. Rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas.

Bagaimana dengan vaksin untuk mempersiapkan kehamilan?

Vaksinasi diberikan secara bertahap sejak kita masih kecil dan cenderung tidak bisa diulang. Kecuali influenza, boleh dan aman dilakukan saat hamil untuk mencegah virus tersebut. Namun sisanya, yang saya sarankan adalah meningkatkan imunitas tubuh. Kita bicara virus yang sedang happening juga, ya.. Virus Corona juga masih belum ada vaksinnya. Bila nanti sudah ditemukan, bisa berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan masing – masing. Baca juga: Kenapa Harus Melakukan Vaksinasi Sebelu Hamil?

Yang juga umum terjadi, virus campak dan rubella sering menyerang calon mama, ya..?

Bila calon mama mengalaminya, kemungkinan besar janin yang ada di dalam kandungannya juga akan berdampak. Hal ini berlaku untuk virus dan penyakit apapun, terutama campak dan rubella. Sebagai langkah pencegahan, ada baiknya selalu meningkatkan imunitas tubuh melalui cara – cara diatas. Dan khusus untuk Toksoplasma, bisa menghindari kontak dengan hewan liar & peliharaan yang dapat mencetus risiko tertularnya infeksi. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares