Interior Design

Tip Cermat Memilih Sofa

By  | 

Sofa merupakan salah satu furnitur krusial yang sebaiknya ada di rumah Anda. Selain sebagai tempat bersantai bersama keluarga, sofa juga tempat menjamu para tamu. Tak hanya itu, sofa juga berfungsi sebagai pemanis dan penambah indah suasana ruangan.

Namun, boleh dibilang, tidak mudah dalam menentukan sofa yang diinginkan. Terlebih jika ruang tamu yang Anda miliki termasuk mungil karena lahannya terbatas. Dengan ukuran dan bahan yang beragam membuat Anda harus lebih cermat memilih sofa, bukan? Berikut Smart Mama berikan tipnya,Mams.

Nyaman
Saat memilih sofa, kenyamanan adalah faktor  sangat penting. Kenapa? Karena fungsi sofa itu sendiri adalah tempat duduk untuk bersantai. Kenyamanan sofa bisa dilihat dari berapa lama kita dapat duduk di sofa tersebut. Idealnya kita duduk di sofa sekitar 15-30 menit. Apabila selama waktu itum Anda merasa tidak nyaman, maka sofa tersebut bukanlah pilihan tepat.

Model
Pilih model sofa yang sesuai selera Anda, dan tentu juga pas dengan desain ruangan Anda. Jika keseluruhan ruang bergaya modern maka pilih sofa yang bergaya modern. Agar terlihat harmonis, tentukan terlebih dahulu furnitur lain agar selaras dengan sofa.

Warna
Anda penyuka warna merah, biru, atau hitam? Silahkan pilih warna kesukaan Anda, namun tetap senadakan dengan warna ruangan. Pemilihan warna menjadi penentu dalam menciptakan tampilan menarik. Warna terang dan natural bisa Anda pilih untuk memberikan kesan luas pada ruang minimalis. Apabila menginginkan suasana yang dramatis, pilih warna komplementer berkombinasi menarik. Misalnya, warna abu-abu dengan merah sebagai aplikasi warna yang bisa memberi kesan dinamis.

Pola dan Corak
Anda harus berhati-hati memilih corak karena corak sofa yang mencolok di ruangan kecil bisa memberikan kesan ramai dan kurang enak dipandang. Sebaiknya pilih corak sofa yang menjadi pemanis ruangan sehingga dapat memberikan kesan sederhana yang lebih natural. (Yosi Avianti/LD/Photo: Various)

Shares