Mind

Trik Agar ART Kembali Bekerja Setelah Mudik

By  | 
Seringkali kekhawatiran para mamas adalah tidak kembalinya Asisten Rumah Tangga (ART) setelah pulang kampung karena berbagai alasan, baik karena Lebaran atau urusan pribadi. Tapi ada sebagian mama yang ‘beruntung’ bisa mendapatkan ART kembali ke rumah setelah mudik. Berikut cerita beberapa Smart Mama.
“Saya memiliki satu orang ART yang sudah bekerja hampir tiga tahun. Trik saya agar ia kembali lagi bekerja pada saya adalah dengan memberi bonus setiap enam bulan kerja. Bonusnya tidak selalu satu bulan gaji, tapi biasanya saya berikan 50% dari total gaji sebulan.”
Ana, 32 tahun, mama dari Naya, 4 tahun
“Saat ART pulang kampung karena hari Idul Fitri, pernah ia tidak ingin kembali bekerja dengan saya. Lalu saya menjanjikan untuk menaikkan gajinya. Saya ingin ia balik lagi karena anak saya sudah dekat dan senang diasuh dengannya. Alhamdullilah, cara ini berhasil membuat saya tak kebingungan harus mencari ART baru lagi.”
Lasti, 36 tahun, mama dari Rafa, 3 tahun 
“ART saya kebetulan kampungnya tidak jauh dari rumah ibu saya. Jadi setiap kali mudik saya selalu mengantarnya pulang terlebih dahulu. Begitupun pas saya kembali, ia pasti ikut saya lagi untuk bekerja.Karena saya sekalian mengunjungi rumah ibu, biasanya dalam satu tahun ia mudik dua kali.”
Tita, 30 tahun, mama dari Shalwa, 2 tahun
Berikut adalah tip dari Smart Mama agar ART kembali lagi setelah pulang kampung.
1. Lebih peka. Ajaklah sesekali ART Anda berbicara mengenai masalah pribadi yang dialaminya. Jika ia mengalami kesulitan keuangan untuk keluarga di kampung, mungkin saja Anda bisa membantu meminjamkannya. Dengan begitu ART akan menghargai Anda.
2. Berikan ‘hadiah’ spesial. Banyak cara unik yang dilakukan para ibu untuk menyiasati agar ART kembali bekerja setelah pulang kampung atau mudik. Selain bonus THR untuk berlebaran di kampung, ada yang justru menaikkan gaji ART bukan di awal tahun, tapi setelah Lebaran. Ada juga yang membantu biaya pendidikan. Misalnya ART Anda punya anak, biayai sekolah anaknya sampai lulus.(Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares