Career

Q&A : Tip Atasi ‘Krisis’ dalam Pekerjaan

By  | 

Q : Perusahaan tempat saya bekerja tengah dilanda krisis keuangan seiring dengan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika. Hal ini ternyata berdampak juga terhadap kondisi mental beberapa orang kepala divisi yang jadi lebih mudah marah dan terkadang menyebabkan perdebatan antar karyawan. Bagaimana saya harus bersikap dalam situasi ‘panas’ seperti ini?

Shinta, 32 tahun

A : Hampir semua karyawan, bahkan seorang atasan atau bos sekalipun tentu pernah berada dalam situasi krisis di dalam pekerjaannya. Ada berbagai penyebab mengapa seseorang mengalami masa ini, namun yang jelas hal ini tentu membuat siapapun yang menghadapinya bisa stres. Bila hal ini juga sedang Anda alami, jangan khawatir ya, Mamas, Dr. Janet Taylor, seorang psychiatrist di New York, memiliki beberapa saran supaya Anda tetap bisa bersikap ‘dingin’ meskipun di sekeliling Anda suasananya sedang ‘panas’.

  1. Bila memang Anda bekerja di sebuah perusahaan dengan jumlah karyawan lebih dari 50 orang, maka Anda harus siap mental menghadapi orang dengan beragam karakter. Sebaiknya kenali tiap kepribadian rekan kerja, khususnya yang setiap hari bekerja sama dengan Anda sehingga Anda bisa menjalani hubungan kerja dengan baik.
  2. Jika memang Anda terpaksa dihadapkan pada sebuah perdebatan, hindari kata-kata kasar yang tidak ada hubungannya dengan profesionalitas Anda di kantor. Misalnya ketika berdebat tentang urusan keuangan kantor, maka perbincangan Anda dan rekan kerja hanya seputar masalah keuangan, tidak merembet ke hal lain misalnya keluarga atau privacy lainnya.
  3. Kenali siapa saja rekan kerja yang bisa Anda percaya. Jangan salah curhat dengan teman yang justru Si Penjilat (baca : Rekan Kerja Penjilat? Ini Cara Hadapinya!). Bila memungkinkan, jauhkan diri dari perdebatan dengan mencari udara segar di luar ruangan.
  4. Praktikkan teknik meditasi atau relaksasi sederhana yang Anda punya. Tarik napas perlahan, hirup dalam-dalam hingga hitungan ke 10 lalu hembuskan. Ingatlah, bahwa salah satu cara meredam stres adalah rutin berolahraga. Jadi, daftarkan diri ke klub kebugaran terdekat di kantor ya jika Anda belum menjadi member di gym
  5. Berpikir sebelum Anda bertindak. Emosi sesaat bisa mengubah banyak hal. Jangan biarkan diri kehilangan kendali sehingga Anda sendiri yang akan rugi nantinya. Biar bagaimana pun, mencari pekerjaan di tengah banyaknya perusahaan yang merumahkan karyawannya bukan hal mudah, Mams. Jadi, berusahalah selalu membuat keputusan yang tepat. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares