Health

6 Cara Fun Makan Sayur

By  | 

Tak semua orang suka makan sayur. Mungkin Anda juga salah satunya, Mam? Padahal banyak manfaat yang diperoleh dari sayur-mayur lho. Kandungan serat, antioksidan, dan berbagai vitamin lain di dalam aneka sayur baik untuk kesehatan Anda. Bagaimana ya supaya jadi suka makan sayur? Smart Mama punya tip jitu.

  1. Campurkan sayur ke dalam makanan favorit Anda yang lain. Campurkan keju dan makoroni dengan brokoli, bayam dan wortel dalam lasagna, serta tomat, jamur, dan asparagus dalam omelet. Anda akan terkejut akan kenikmatan rasa yang belum pernah Anda coba. Yummy!
  2. Sembunyikan di dalam sup. Salah satu makanan yang cocok untuk dimakan di musim pancaroba ini adalah sup ayam atau sup daging. Bila biasanya Anda menyisihkan kol, buncis, dan wortel dan hanya makan daging sapi atau ayam saja, cobalah untuk memakannya bersamaan. Jadi, Anda tak akan terbeban untuk makan sayur yang terlihat banyak itu.
  3. Salad lezat yang menggoda. Kesegaran salad sayur atau buah tergantung dari thousand island atau saus yang menjadi toppingnya. Campurkan mentimun, wortel, kacang polong, bawang bombay, tomat, brokoli, kacang merah, dan selada air lalu siram dengan saus sesuai selera. Hmm..lezat.
  4. Dimakan mentah. Sayur mentah atau lalapan bisa jadi alternatif lain untuk Anda yang kurang suka mengonsumsi sayur. Campurkan dalam bumbu kacang dan kerupuk, maka Anda mendapatkan seporsi karedok.
  5. Diolah sebagai jus. Bila biasanya Anda minum jus buah, mengapa tak coba untuk minum jus sayur? Campurkan sayuran dengan buah, misalnya brokoli, mentimun, dan kiwi, atau apel, jeruk, dan wortel. Fresh from the juicer!
  6. Veggie barbecue, why not? Setelah selesai memanggang ikan dan daging, jangan langsung buang bara api dan sisa bumbunya ya. Oleskan ke seluruh permukaan jamur, mentimun, tomat, dan asparagus. Lalu panggang sebentar dan sajikan selagi hangat. Penasaran rasanya seperti apa kan? Buktikan sendiri deh, Mam. (Lenny Delima/ Photo : Istockphoto.com)

 

Shares