Health

11 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Ginjal Anda

By  | 

Anda tentu sering mendengar nasihat untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergaya hidup sehat setiap hari, bukan, Mamas? Tapi akui juga, apakah Anda sudah menaatinya dengan benar? Nah, sebisa mungkin memang ada baiknya Anda mulai menelaah kembali asupan makanan yang diasup tubuh tiap hari. Dan salah satu organ tubuh yang harus dijaga dengan baik adalah ginjal. Pasalnya jika ginjal bermasalah, bukan tidak mungkin hal ini akan memicu penyakit lain yang lebih serius seperti kardiovaskuler atau gagal ginjal. Oleh karena itu,  Anda harus pintar menjaga kesehatan ginjal, salah satunya dengan mengasup makanan berikut ini:

1. Paprika merah. Buah atau sayuran ini kerap dijadikan penyedap rasa pada taburan pizza atau salad ayam. Paprika merah sangat baik untuk kesehatan ginjal karena memiliki kandungan potasium yang rendah, juga kaya vitamin C, B6, A, asam folat, dan serat. Kandungan antioksidan yang disebut likopen dalam paprika merah bisa melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker.

2. Kubis. Sayuran yang dikenal di Indonesia sebagai kol ini dilengkapi dengan phytochemical yang bisa menghancurkan radikal bebas di dalam tubuh, serta mengurangi risiko kanker dan penyakit kardiovaskuler. Kubis juga memiliki kandungan vitamin K, C, B6, serat, dan asam folat yang bisa menjaga ginjal tetap sehat.

3. Kembang kol. Sayuran satu ini cukup populer sebagai campuran sup atau cap cay yang mungkin sering Anda masak. Dan kabar baiknya kembang kol ternyata ‘sahabat’ bagi ginjal Anda karena kaya vitamin C, asam folat, dan serat, yang penting untuk ginjal dan juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda, Mams.

4. Bawang putih. Bumbu dapur satu ini membantu mengurangi peradangan dan juga kadar kolesterol di dalam tubuh. Mengandung antioksidan yang bisa membantu ginjal bekerja dengan optimal.

5. Bawang merah. Sama seperti bawang putih, bawang merah juga salah satu bumbu dapur yang lazim digunakan dalam berbagai masakan Indonesia. Bawang merah memiliki kandungan flavonoid dan quercetin yang bisa mencegah pengendapan kandungan lemak dalam aliran darah. Quercetin juga merupakan antioksidan yang mampu mengurangi risiko sakit kanker dan jantung.

6. Apel. Baik dikonsumsi mentah atau dijadikan bahan dasar makanan, apel adalah buah yang baik untuk Anda makan. Kaya akan kandungan serat dan zat anti peradangan yang bisa mengurangi kadar kolesterol jahat, konstipasi, kanker, dan penyakit jantung.

7. Cranberi. Buah berwarna merah ini mampu mencegah Infeksi Saluran Kemih (ISK) sekaligus mecegah bakteri masuk ke dalam kandung kemih serta mampu mencegah kanker dan penyakit jantung.

8. Blueberi. Mengandung anthocyanidins, sebuah antioksidan yang bisa membantu membersihkan tubuh dari racun. Nutrisi lain yang diperlukan tubuh yang ada di dalam buah ini adalah vitamin C, mangan, dan serat serta mampu mengurangi peradangan.

9. Rasberi. Rasberi yang berwarna merah ini anthocyanins, serat, vitamin C, mangan, dan asam folat, yang sanggup menghalau pertumbuhan sel kanker.

10. Stroberi. Stroberi merupakan sumber antioksidan, vitamin C, mangan, dan serat. Buah bercitarasa asam segar ini juga anti peradangan dan anti kanker yang baik untuk kesehatan ginjal dan jantung.

11. Ceri. Mengonsumsi ceri setiap hari bisa mengurangi risiko Anda mengalami peradangan khususnya pada ginjal. Ini karena ceri mengandung antioksidan dan phytochemicals. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares