Career

Q&A : Tip Wawancara Kerja Via Skype

By  | 

Q : Saya mendapat tawaran pekerjaan di Australia dan wawancara akan dilakukan via Skype. Apakah ada tip khusus dari Smart Mama, karena saya belum pernah melakukan job interview dengan cara ini.

Meyska, 34 tahun

A : Vicky Oliver, seorang konsultan karier dan pengarang buku 301 Smart Answers to Tough Interview Questions mengatakan, Skype merupakan teknologi yang memungkinkan orang lain untuk melihat penampilan Anda melalui videocam. Jadi, Anda tetap harus memerhatikan busana dan tata rias wajah ya. Kenakan pakaian dan sepatu serapi mungkin, seperti ketika Anda ingin interview kerja dengan bertatap muka langsung. Pilih baju dan sepatu polos ya, sebab motif tertentu bisa memberikan efek tampilan di layar computer yang bisa menyilaukan mata. Usahakan untuk menata rambut Anda, khususnya poni yang mungkin bisa menutupi pandangan Anda saat berkomunikasi dengan lawan bicara.

Sebelum interview dimulai, cobalah untuk latihan wawancara dengan teman atau pasangan yang berperan sebagai job seeker. Berlatih seperti ini membuat Anda percaya diri saat wawancara yang sebenarnya berlangsung. Good luck, Mam. (Lenny Delima/ Istockphoto.com)

Shares