Health

Di Usia Berapa Bayi Boleh Makan Es Krim?

By  | 

Es krim merupakan favorit banyak orang, baik orang dewasa, anak-anak, bahkan bayi. Tapi kira-kira, Si Bayi sudah boleh atau belum ya makan es krim?

Sebenarnya, sesekali Mamas boleh saja kok memberi Si Kecil es krim. Tapi sebaiknya lakukan hal ini ketika Si Kecil sudah berusia di atas satu tahun ya, Mamas! Kenapa di atas usia satu tahun? Karena di usia ini organ pencernaan Si Kecil sudah lebih matang sehingga ia sudah boleh mulai diperkenalkan dengan makanan olahan dari susu seperti keju dan juga es krim.

Risiko Memberikan Es Krim pada Anak di Bawah 1 Tahun

Memberikan es krim bagi anak di bawah usia satu tahun dapat berisiko:

1.Alergi makanan. Meski sudah melewati proses pasteurisasi untuk membunuh bakteri, namun es krim dibuat dari susu sapi. Si Kecil dengan pencernaan yang sensitif dan intoleran lakstosa bisa berisiko mengalami alergi makanan.

2.Tersedak. Biasanya es krim yang dijual dipasaran, memiliki beragam toping seperti kacang, biskuit, potongan buahm dan lainnya. Nah, pastikan toping ini tak membuat Si Kecil tersedak.

3.Ketagihan makanan manis. Rasa es krim yang manis bisa membuatnya jadi ketagihan makanan dan minuman manis. Selain membuat gigi mudah berlubang, makanan dan minuman manis juga bisa meningkatkan risiko Si Kecil mengalami obesitas dan juga diabetes mellitus tipe 2.

Tips dari kami, ketika Si Kecil sudah berusia satu tahun, Anda bisa mulai mengenalkan es krim sedikit demi sedikit. Hindari memberi es krim dalam porsi yang langsung besar ya.. cukup 1-2 sendok makan per minggu. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares