Health

7 Pilihan Makanan untuk Meningkatkan Berat Badan Si Kecil

By  | 

Tubuh Si Kecil yang terlalu kurus (underweight), bisa membuat tumbuh kembangnya tidak optimal. Pastikan berat badannya ideal dengan makanan bernutrisi seimbang.

Memantau berat badan Si Kecil secara teratur akan membantu Mama memahami apakah Si Kecil memiliki berat badan yang ideal atau cenderung underweight. Si Kecil yang memiliki berat badan dibawah ideal, berisiko membatasi pertumbuhan fisik, perkembangan otak, dan gangguan metabolik lainnya.

Untuk meningkatkan berat badannya, Mamas bisa memberi Si Kecil makanan yang tinggi kalori dan bernutrisi dengan porsi yang seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh Si Kecil. Adapun, beberapa makanan tersebut adalah:

1.Susu dan produk turunannya. Susu dan produk turunannya seperti keju, yoghurt, butter, dan es krim, kaya akan kalori dan lemak. Keduanya dapat membantu meningkatkan berat badan Si Kecil. Bonus lainnya, tubuh Si Kecil juga akan mendapatkan tambahan vitamin D dan kalsium dari susu, yang baik untuk tumbuh kembangnya.

2.Daging. Selain sumber protein, daging juga kaya akan lemak dan zat besi. Zat besi dibutuhkan oleh Si Kecil untuk pembentukan sel darah merah yang berperan dalam membawa oksigen dan nutrisi ke otak dan seluruh sel tubuh lainnya.

3.Telur. Tak hanya daging, telur juga mengandung protein yang tinggi. Telur juga tinggi kalori dan mengandung berbagai macam vitamin dan mineral lainnya seperti kolin, nutrisi yang membantu menjaga kesehatan jantung dan perkembangan otak.

4.Nasi dan makanan berkarbohidrat lainnya. Balita Mamas memerlukan makanan berkabohidrat seperti nasi, pasta, roti gandum, sereal, atau kentang. Selain menyuguhi nasi untuk hidangan sehari-hari, Mamas juga bisa menyisipkan aneka pasta seperti makaroni keju atau spaghetti sebagai variasi. Kedua jenis pasta ini mengandung karbohidrat pati, lemak, dan juga kalsium yang baik untuk tubuh.

5.Kacang-Kacangan. Sebagai sumber lemak tak jenuh, kacang-kacangan dan juga selai kacang, mengandung protein dan serat yang dapat membantu meningkatkan berat badan Si Kecil.

6.Alpukat. Buah yang satu ini mengandung lemak baik yang juga kaya akan kalium, magnesium, lutein, karbohidrat, protein, folat dan beragam vitamin seperti vitamin A, B, C, E, dan K.

7.Pisang. Buah yang satu ini juga termasuk buah yang tinggi kalori. Mamas bisa memberikan buah pisang kepada Si Kecil dengan dimakan secara langsung, dijadikan smoothies, bolu pisang, dan varian lainnya. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares