Health

Apa Saja Perubahan yang Terjadi pada Payudara Saat Hamil?

By  | 

Saat hamil, perubahan fisik tak hanya terjadi pada bagian perut saja yang semakin membesar, namun payudara Anda pun juga mengalami perubahan.

Bagi Mamas to be yang baru mengalami kehamilan untuk pertamakalinya, tak perlu heran bila Anda mengalami perubahan-perubahan pada payudara Anda. Hal ini sangat wajar, mengingat payudara Anda saat ini sedang mempersiapkan diri untuk masa menyusui nanti.

Adapun beberapa perubahan pada payudara yang akan Anda alami adalah:

1.Ukuran payudara membesar. Memasuki usia kehamilan enam minggu, ukuran payudara Anda akan membesar kurang lebih satu ukuran. Perubahan ukuran ini memberi efek nyeri dan dan juga gatal. Untuk mengatasinya, gunakan pelembap untuk mengurangi rasa gatal itu.

2.Payudara nyeri. Meski tidak semua calon mama merasakan ini, namun pada calon mama yang mengalaminya akan merasa nyeri saat payudaranya tersentuh. Tak perlu khawatir, rasa nyeri ini umumnya hanya dirasakan saat trimester awal kehamilan dan akan mereda seiring bertambahnya usia kehamilan. Rasa nyeri ini terjadi karena meningkatnya hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Karena itu, berhati-hatilah saat bergerak, karena tekanan sedikit saja, akan menimbulkan rasa nyeri. Gunakan bra berukuran tepat, berbahan katun dan hindari bra dengan kawat agar Anda merasa lebih nyaman.

3.Perubahan puting. Seiring bertambahnya usia kehamilan, warna puting akan menggelap. Dan di akhir kehamilan, ukuran puting akan membesar. Tak ada yang perlu dikhawatirkan, perubahan ini nantinya akan membantu Anda saat menyusui Si Kecil nanti.

4.Pembuluh darah terlihat jelas. Hal ini terjadi karena bertambahnya 50% aliran darah pada payudara Anda saat hamil,  yang fungsinya untuk memenuhi kebutuhan janin. Kondisi ini wajar terjadi pada masa kehamilan dan menyusui. Aliran darah akan kembali normal setelah Anda selesain menyusui.

5.ASI merembes. Tahukah Anda Mamas to be, bahwa payudara sudah mulai memproduksi ASI pada kehamilan 16 minggu? Jadi, bisa saja nantinya Anda akan mendapati ada cairan berwarna kuning yang akan keluar dari payudara. Cairan ini disebut kolostrum, yang mengandung antibodi penting bagi Si Newborn nanti. Biasanya, ASI yang rembes tidak dalam jumlah banyak, namun bila Anda mendapati pakaian Anda sampai basah, maka sebaiknya gunakan breastpad. Breastpad ini berguna untuk meresap ASI yang rembes dengan deras. Saat kehamilan memasuki usia delapan bulan, Anda bisa membersihkan puting payudara dengan baby oil dan cotton bud. ASI rembes saat hamil masih tergolong normal, namun bila yang keluar adalah darah, segera konsultasikan dengan dokter kandungan Anda.

6.Munculnya Montgomery’s tubercules, yang merupakan bintil hitam pada areola. Bintil ini berfungsi untuk melindungi serta melembapkan areola dan puting Anda. Tak hanya itu, Montgomery’s tubercules juga berfungsi untuk mengusir bakteri di sekitar areola. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares