Health

Eka Hospital Memperingati Hari Kanker Sedunia dengan Webinar “Between Woman & Cancer”

By  | 

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia yang bisa menyerang siapapun tanpa mengenal rentang usia dan jenis kelamin, khususnya wanita.

Dikutip dari WHO, 9,6 juta orang di dunia meninggal karena kanker. Meskipun pria dan wanita sama-sama berpeluang untuk mengidap kanker, namun fakta menunjukkan bahwa di Indonesia pengidap kanker lebih didominasi oleh wanita lho, Mamas! Kanker payudara dan kanker serviks merupakan kanker yang paling banyak diidap oleh wanita Indonesia. Namun sayangnya, pengidap kedua jenis kanker tersebut umumnya baru mendapatkan pengobatan saat sudah berada pada stadium lanjut karena tidak mengalami gejala apapun pada stadium awal.

Padahal, berbagai upaya pencegahan dini dapat dilakukan untuk mendeteksi keberadaan kanker di dalam tubuh. WHO pun menyebutkan bahwa 30-50% kanker sebenarnya bisa dicegah, misalnya dengan memeriksa secara berkala apakah ada benjolan di payudara, atau melakukan pap smear secara rutin.

Sebagai sarana edukasi dan informasi kesehatan bagi masyarakat, khususnya para mamas, Eka Hospital mengadakan program webinar “Between Women and Cancer” yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia.

Berkolaborasi dengan Yayasan Kanker Indonesia, webinar ini menghadirkan narasumber yang terdiri dari konsultan dan dokter spesialis kanker seperti Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD- KHOM, FACP selaku Ketua Yayasan Kanker Indonesia, dr. Alban Dien, SpB (K) Onk selaku Dokter Spesialis Bedah Konsultan Bedah Onkologi, dan dr. Muhammad Yusuf, SpOG (K) Onk selaku Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Onkologi. Webinar ini juga dibawakan oleh Shahnaz Haque, artis Indonesia yang turut membagikan kisah inspiratifnya saat berhasil melawan kanker dengan penanganan yang tepat.


Narasumber webinar “Between Women and Cancer”.

“Kami mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat serta rutin melakukan pengecekan kesehatan agar berbagai penyakit dapat terdeteksi sedini mungkin. Deteksi dan penanganan yang tepat dari dokter yang berkompeten akan mempermudah proses penyembuhan,” tutup Erwin Suyanto selaku Head of Marketing Corporate Eka Hospital.

“Selain berfokus untuk memberikan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat, Eka Hospital juga berkomitmen untuk memberikan edukasi kesehatan, salah satunya mengenai kanker. Melalui webinar ini, kami berharap kepedulian terhadap kanker dapat semakin meningkat dan masyarakat bisa mendapatkan informasi yang tepat, mulai dari langkah pencegahan hingga pengobatannya,” lanjut Erwin.

Eka Hospital merupakan jaringan rumah sakit yang mengedepankan mutu dan keselamatan dalam menyediakan layanan kesehatan. Saat ini Eka Hospital memiliki lebih dari 350 dokter spesialis dari berbagai disiplin ilmu kedokteran dengan kapasitas 600 kamar perawatan yang tersedia di 4 lokasi yakni Bekasi, BSD Tangerang, Cibubur, dan Pekanbaru.

Di sini, Eka Hospital menerapkan Rekam Medis Elektronik sehingga data medis pasien tercatat pada sistem secara terintegrasi agar memudahkan kolaborasi tim dokter dalam mengobati pasien dan mengurangi tingkat kesalahan diagnosa/tindakan oleh tim dokter, serta ketentuan ‘Satu Pasien Satu Kamar’ untuk memberikan kenyamanan pada pasien dan mengurangi kemungkinan berjangkitnya infeksi nosokomial dalam rumah sakit.

Berdiri sejak tahun 2008, Eka Hospital melayani rata-rata 500.000 pasien per tahun, 6.000 tindakan operasi per tahun,serta melayani lebih dari 60.000 pasien medical check-up per tahun. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik)

Shares