Health

Menjaga Kesehatan Si Calon Mama dengan Diabetes

By  | 

Dengan menjalani pola hidup sehat, calon mama yang juga penderita diabetes, tidak perlu risau dengan kesehatan diri Anda maupun sang janin.

Setiap penderita diabetes akan disarankan untuk selalu memerhatikan kesehatan dan kadar gula darahnya, begitu pula dengan calon mama yang menderita diabetes. Selain harus berhadapan dengan perubahan pada tubuh, calon mama dengan diabetes juga harus berhati-hati dalam memantau dan mengontrol kadar gula darah dalam tubuhnya.

Komplikasi pada Calon Mama dengan Diabetes

Kadar gula darah yang tidak terkontrol pada calon mama dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2, dapat menyebabkan berbagai komplikasi baik pada sang mama maupun bayi di dalam kandungan. Berikut ini adalah beberapa komplikasi yang mungkin terjadi:

-Macrosomia. Kondisi ini membuat ukuran tubuh bayi dalam kandungan lebih besar dari seharusnya, sehingga dapat menyebabkan kesulitan untuk melahirkan secara normal. Anda pun mungkin harus mendapatkan induksi atau melahirkan dengan operasi caesar.

-Kadar gula darah bayi. Tepat setelah melahirkan, risiko kadar gula darah pada bayi sangat rendah dapat terjadi.

-Level kalsium dan magnesium dalam tubuh bayi kemungkinan tidak seimbang.

-Memengaruhi pembentukan organ-organ bayi dalam kandungan. Beberapa diantaranya adalah cacat otak, cacat tulang belakang, cacat jantung, dan cacat pada sistem saraf.

-Bayi mengalami masalah kesehatan segera setelah lahir, misalnya masalah jantung atau

-Bayi berisiko terkena obesitas atau diabetes di kemudian hari.

-Keguguran.

-Bayi lahir prematur atau meninggal di dalam kandungan.

-Mama dapat mengalami komplikasi seperti preeklamsia. Kondisi ini dapat menimbulkan kejang atau stroke.

Melihat risikonya yang tak bisa dibilang ringan, tentunya sangat penting bagi kita untuk mengontrol kadar gula dalam darah selama kehamilan. Tentunya agar kehamilan tetap sehat dan proses persalinan dapat berjalan dengan lancar.

Tips Menjaga Gula Darah Selama Hamil

Keberhasilan seorang calon mama dalam mengontrol gula darah dengan baik akan meningkatkan peluang melahirkan bayi yang sehat. Tak hanya itu saja, mengontrol gula darah selama kehamilan juga berpengaruh besar dalam mengurangi timbulnya masalah lain akibat diabetes.

Berikut ini adalah beberapa tips bagi calon mama bagaimana menjaga gula darah agar kehamilan tetap sehat:

1.Berkonsultasi dengan obgyn. Sebelum Anda hamil, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter guna mengetahui efek diabetes pada tubuh Anda ketika hamil nanti. Dokter juga akan menyarankan Anda bagaimana menjaga gula darah, anjuran obat yang bisa dikonsumsi, dan saran lainnya.

2.Intens berkonsultasi dengan tenaga medis terkait. Ketika sedang mengandung, upayakan konsultasi dengan dokter yang dapat membantu menjaga kesehatan Anda beserta janin. Berkonsultasi dengan beberapa dokter seperti dokter kandungan, dokter spesialis gizi, dan dokter spesialis Ibu hamil dengan Diabetes hendaknya rutin dilakukan guna mencegah atau mendeteksi masalah lebih awal.

3.Pemeriksaan kehamilan atau antenatal care, termasuk didalamnya adalah USG dan tes darah, mungkin diperlukan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan janin apakah tumbuh dan berkembang dengan optimal atau tidak.

4.Rutin melakukan pemeriksaan kadar gula darah tubuh. Kehamilan membuat tubuh membutuhkan lebih banyak energi, tingkat gula darah pun bisa berubah dengan sangat cepat lho, Mamas to be! Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk sering-sering mengecek kadar gula darah.

5.Mengonsumsi obat atau insulin sesuai anjuran dokter wajib Anda ikuti. Anda mungkin juga perlu menyediakan sumber gula (seperti permen, misalnya) yang setiap saat bisa menaikkan gula darah Anda yang turun terlalu cepat.

6.Menjalani pola hidup sehat. Dokter akan memberikan saran untuk mengatur makanan dan minuman yang dikonsumsi guna mencegah kadar gula darah Anda terlalu tinggi atau rendah. Contohnya saja dengan banyak mengonsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, produk olahan susu tanpa lemak, kacang-kacangan, ikan, daging, dan makanan yang mengandung asam folat. Beberapa makanan ini dapat membantu Anda menjaga stabilitas kadar gula darah dalam tubuh.

7.Olahraga saat hamil. Lakukan hal ini setidaknya 30 menit sehari, selama lima hari dalam seminggu. Namun ada baiknya Mamas to be berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter untuk menentukan jenis olehraga dan intensitas yang sesuai bagi Anda. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares