Fact: Smoothies Juga Bisa Menaikkan Berat Badan Anda

By  | 

Yang kita ketahui selama ini, smoothies merupakan minuman sehat kaya serat yang mengenyangkan, sehingga kita tak perlu khawatir dengan mengonsumsinya. Namun faktanya, ternyata smoothies juga bisa lho, meningkatkan berat badan Mamas!

Hanya karena smoothie Mamas berisi buah-buahan dan sayuran, tidak berarti smoothies Anda rendah kalori. Bahkan smoothies ini juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan jika Anda tidak berhati-hati dengan apa yang Anda masukkan ke dalamnya. Baik Mamas membeli di toko atau membuatnya sendiri di rumah, bisa jadi kalori, gula, dan lemaknya lebih tinggi dari yang Anda kira.

Lalu apakah smoothie tetap sehat untuk sarapan?

Ya, smoothie tetap bisa jadi menu sarapan yang sehat, asalkan kandungan nutrisinya seimbang, termasuk kalori, protein, dan lemaknya. Apalagi tidak seperti jus, smoothie tidak menghilangkan serat dari sayuran dan buah-buahan sehingga lebih mengenyangkan.

Smoothie bisa jadi sarapan yang sehat, tetapi ia juga bisa berubah menjadi minuman tidak sehat bila Anda terlalu banyak memasukkan jus buah dan sirup ke dalamnya. Memang sih, ini bisa membuat Mamas merasa lebih segar setelah meminum smoothie tinggi gula ini, tetapi ini tak akan berlangsung lama. Anda justru akan lebih mudah merasa lapar setelahnya,” ujar nutrisionis Bonnie Taub-Dix.

Untuk membuat smoothie Anda lebih mengenyangkan namun rendah gula, Anda disarankan untuk mengonsumsi antara 20 hingga 30 gram protein dalam smoothies Anda. Pilih susu rendah lemak atau susu almond. Mereka tidak tinggi protein seperti susu sapi, tetapi memiliki lemak sehat yang akan membantu mengurangi rasa lapar.

“Saya suka menggunakan susu almond tanpa pemanis. Ini hanya 30 kalori per porsi dan merupakan sumber kalsium dan vitamin E,” terang penulis buku Read It Before You Eat It.

Selain itu, agar tak terlalu plain, Mamas juga bisa kok menambahkan buah-buahan rendah gula ke smoothie Anda untuk menambahkan rasa manis alami tanpa gula. Namun ingat ya, jangan berlebihan porsinya, karena dapat menyebabkan kadar gula darah Anda meroket. Tips lainnya, gunakan buah-buahan beku untuk membuatnya lebih kental. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares