Finance

Tips Mudah Meningkatkan Saldo Tabungan

By  | 

Kemandirian finansial adalah salah satu hal penting yang sebagian besar kita upayakan. Terlepas dari apakah Anda single atau memiliki pasangan, memiliki tabungan sendiri sangat penting.

Penelitian yang dilakukan oleh AJ Bell, platform investasi online dan pialang saham asal UK, 54% wanita memiliki dana tabungan yang mereka simpan secara ketat untuk diri mereka sendiri. Alasan utamanya, mereka mengatakan jikalau hubungan mereka bersama pasangan retak, mereka masih bisa mandiri secara finansial.

Survei juga menyebutkan bahwa delapan dari 10 wanita mengatakan bahwa pasangan mereka tahu tentang tabungan mereka, namun sebagian wanita lainnya memilih merahasiakannya dari pasangan.

Tak hanya tabungan, investasi dengan jumlah yang besar pun menjadi idaman. Namun, seperti kita ketahui, mewujudkan hal ini tak selalu mudah. Dilansir dari Good Housekeeping UK, berikut ini ada lima tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan tabungan Anda.

1.Selesaikan hutang

Pernahkah Anda sadari bahwa penyebab Anda sulit meningkatkan saldo tabungan Anda adalah karena banyaknya hutang? Sebelum mulai menabung, menyelesaikan hutang-hutang yang Anda miliki sebaiknya menjadi prioritas yang harus didahulukan. Tagihan kartu kredit, cicilan kendaraan bermotor, serta cicilan konsumtif lainnya sebaiknya Anda lunasi terlebih dahulu. Bicarakan hal ini bersama pasangan Anda untuk mencari solusi pelunasan utang yang telah disepakati bersama.

2.Buat menabung jadi mudah

Keuangan merupakan salah satu masalah yang kerap terjadi saat fase quarter life crisis. Bila menabung secara rutin rasanya sulit dilakukan, mengapa tidak diotomatiskan saja? Anda bisa langsung mendebit dari rekening untuk dipindahkan ke akun tabungan atau reksa dana Anda segera setelah menerima gaji setiap bulan. Tentu saja, pertama-tama Anda harus sisihkan uang untuk pengeluaran dan tagihan rutin. Setelah itu, menabung dan investasi menjadi prioritas selanjutnya.

3.Berinvestasi

Banyak orang beranggapan investasi sulit dan hanya untuk orang-orang yang memiliki uang berlebih yang bisa berinvestasi. Perlu Anda pahami, saat ini investasi dapat dimulai dengan jumlah yang kecil, seperti Rp 50.000 atau Rp 100.000. Anda pun tak perlu repot, sebab saat ini sudah banyak platform investasi yang dapat Anda manfaatkan. Kini, telah ada begitu banyak platform e-commerce menghadirkan fitur investasi yang bisa Anda pilih. Namun sebelumnya, pastikan platform yang Anda pilih cukup terpercaya dan telah bekerjasama dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) ya, Mamas!

4.Cermat susun anggaran Apakah Anda kesulitan melacak ke mana perginya uang Anda? Buatlah buku kas yang dapat mencatat pengeluaran dan pemasukan Anda, baik versi fisik atau digital melalui aplikasi di ponsel Anda. Pelacakan pengeluaran ini dapat membantu Anda menyusun anggaran dan memangkas pengeluaran yang tidak perlu.  (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares