Style

Trik Agar Si Anak Super Aktif Suka Minum Air Putih

By  | 

Anak yang super aktif cenderung tak bisa diam. Banyaknya aktivitas yang ia lakukan membuat ia banyak berkeringat. Agar tak mengalami dehidrasi, ingatkan Si Kecil untuk selalu minum di sela-sela aktivitasnya.

Kebutuhan cairan anak dapat dipenuhi melalui makanan maupun minuman. Si Kecil juga bisa mendapatkan cairan dari minuman melalui susu, jus buah, dan air putih.

Kekurangan cairan di tubuh tak hanya menyebabkan dehidrasi saja, namun Si Kecil juga bisa mengalami sembelit dan juga obesitas. Jadi pastikan Si Kecil selalu minum cukup air putih ya, Mamas!

Tak ada ruginya kok Mams kalau Si Kecil banyak minum air putih. Karena air putih memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga suhu tubuh agar tetap stabil, memaksimalkan fungsi kerja otak, dan meningkatkan konsentrasi belajar, hingga membuat kulit lebih sehat.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan agar Si Kecil mengonsumsi cairan setiap harinya setidaknya sebanyak:

800 mililiter (ml) atau sekitar 2-3 gelas, untuk anak berusia 7-12 bulan

1,3 liter atau sekitar 4 gelas, untuk anak berusia 1-3 tahun

1,7 liter atau sekitar 5 gelas, untuk anak berusia 4-8 tahun

Trik Agar Si Kecil Suka Minum Air Putih

Agar Si Kecil suka minum air putih, yuk lakukan beberapa trik berikut ini:

1.Terapkan aturan. Bisa jadi Si Kecil lebih memilih jus atau susu yang manis dibandingkan minum air putih yang tawar. Atasi hal ini dengan menerapkan aturan bahwa ia boleh minum jus atau susu setelah sebelumnya minum air putih terlebih dahulu.

2.Letakkan minuman di tempat yang mudah dijangkau. Untuk menarik minatnya minum air putih, letakkan gelas atau botol minum di tempat yang mudah dijangkau Si Kecil, di tempat ia biasa beraktivitas. Begitu pula saat ia sedang beraktivitas di luar rumah, jangan lupa untuk selalu membekali Si Kecil dengan botol minum yang praktis digunakan dan tidak mudah tumpah.

3.Sediakan botol minum yang menarik. Botol minum bergambar tokoh kartun atau benda favoritnya tentunya akan menarik minat Si Kecil. Ia pun akan merasa bahwa minum air putih adalah hal yang menyenangkan. Namun pastikan juga, ketika memilih botol minum untuknya, pastikan yang bebas BPA ya, Mamas!

Nuby

Brand perlengkapan makan – minum anak asal USA, Nuby, memiliki banyak varian botol minum yang akan membantu Mamas dan juga menarik perhatian Si Kecil, lewat gambar-gambar menarik yang terdapat pada botol minumnya.  Berikut dua diantaranya:

1.Nuby Tritan Thirsty Kids Flip It Straw. Sedotan silikon yang lembut dirancang secara unik untuk mencegah tetesan dan tumpahan, namun tetap lembut untuk gusi dan gigi Si Kecil. Botol minum ini juga dilengkapi dengan penutup yang dirancang khusus untuk mencegah tetesan dan tumpahan serta menjaganya tetap higienis. Selain itu, botol minum yang terbuat dari plastik Tritan ™ ini juga bebas BPA dan tahan pecah. Bisa mulai digunakan untuk anak usia 18 bulan ke atas, botol minum dengan kapasitas 360ml ini sempurna untuk dibawa anak-anak saat bepergian.

2.Nuby Tritan Flip It With Straw. Yang kedua adalah Nuby Tritan Flip It With Straw dimana botol minum ini didesain dengan sedotan yang ada pemberatnya, sehingga sedotan fleksibel bergerak mengikuti orientasi botol (sedotan bisa berputar 360 derajat). Memiliki kapasitas 400ml, Si Kecil berusia 12 bulan ke atas sudah bisa menggunakan botol minum ini.

Kelebihan lain dari botol minum ini adalah sedotannya yang terbuat dari food grade silicone yang lembut dan dapat tahan hingga suhu 100C. Botol minum ini juga memiliki tali panjang dan sangat praktis untuk dibawa bepergian, serta handle yang bisa di lepas pasang sesuai dengan kebutuhan anak. Dan tentunya, botol minum ini juga BPA free ya, Mamas!

Kedua botol minum ini bisa Mamas dapatkan di semua store Mothercare baik offline maupun online, serta berbagai baby shops dan e-commerce lainnya. Untuk info lebih jauh, follow akun Instagram Nuby Indonesia di @nubyindo.

SmartMama Wednesday Giveaway

Di SmartMama Wednesday Giveaway minggu ini, kami ingin mengajak Mamas untuk sharing bagaimana agar Mamas bisa membujuk Si Kecil yang aktif untuk suka minum air putih?

Jawab di kolom comments ya, Mams! Enam orang Mama yang beruntung akan mendapatkan botol minum dari Nuby. Pemenang akan diumumkan pada hari Minggu, tanggal 22 Desember 2019 di Instagram Stories @thesmartmamas. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Nuby)

Shares