Style

Tips Stimulasi Perkembangan Motorik dan Sensorik Anak

By  | 

Di satu tahun pertama, perkembangan kemampuan bayi Mama terjadi sangat cepat. Oleh karena itu stimulasi sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Untuk anak usia 0-6 bulan, perkembangan bayi dominan pada fungsi pendengaran, penglihatan dan keterampilan jari jemari. Diharapkan, orangtua dan anggota keluarga lain atau pengasuh harus berinteraksi secara langsung dengan Si Bayi, baik saat mengasuh maupun saat bermain dengannya. Jadi ingat ya Mamas, bermain bersama bayi juga bisa jadi cara Mamas untuk menstimulasi kemampuan motorik dan sensorik bayi.

Contoh permainan yang bisa Mamas lakukan bersama Si Kecil adalah:

1.Cilukba.

2.Bermain cermin.

3.Rattle toys

4.Squeeze ball toys atau teethers.

5.Mainan berbunyi.

6.Mainan raba.

7.Lonceng dan mainan gantung.

Ketujuh macam mainan ini akan membantu bayi Mama menguasai tiga fungsi, yaitu melihat, mengamati, dan menoleh.

Playgro, Mainan untuk Stimulasi Tumbuh Kembang Si Kecil

Pada usia 0 – 3 bulan, kecenderungan bayi adalah menggenggam erat jari-jemarinya. Oleh karena itu Mama dapat memberikan benda yang dapat digenggam oleh bayi Mama untuk menguatkan otot lengannya. Pada saat yang sama, sensorik pendengaran dan penglihatan bayi mulai berkembang, jadi mainan yang penuh warna dengan berbagai bentuk serta bunyi adalah pilihan mainan yang tepat. Playgro mengadirkan Felix Fox Teething Friend, Busy Bee Stroller Friend, Panda & Bunny Squeaker, dan Lion & Loopy Baloon Teething Blankie untuk mendukung stimulasinya.  

Bersama Busy Bee Stroller Friend, Si Kecil akan diberikan kesenangan multisensory melalui pola warna yang kontras untuk menstimulasi persepsi visual, dan mendorong perkembangan pendengaran. Terdapat pula teething rings yang dapat digunakan untu menstimulasi gusi anak. Dengan klip praktis, Busy Bee Stroller Friend dapat dipasang di kursi atau kereta dorong.

Si kecil juga dapat menggenggam Panda Squeaker & Bunny Squeaker yang menggemaskan. Selain dapat mengembangkan keterampilan motorik halusnya, Panda & Bunny Squeaker juga bisa menstimulasi pendengaran karena suara mencicit yang dikeluarkan.

Mainan interaktif lainnya adalah Lion Teething Blankie & Loppy Balloon Teething Blankie yang akan membuat Si Bayi senang dan terhibur. Ia dapat mengeksplorasi berbagai tekstur dan bentuk yang sekaligus merangsang perkembangan sensorik dan motorik halus.

Sedangkan bagi Si Kecil dengan usia tiga bulan ke atas, mereka sudah lebih pandai membangun interaksi dengan sekelilingnya dan selalu penuh kejutan. Si kecil mulai bisa dengan cepat mengenali benda yang menarik perhatiannya atau orang yang dilihatnya, serta lebih peka dengan suara di sekitarnya. Untuk mendukung tumbuh kembangnya, Playgro menghadirkan Jungle Textured Links, Swirly Teething Rattle, dan Spinning Triangle Rattle.

Bentuk yang unik serta warna yang cerah dari Jungle Textured Links dan Swirly Teething Rattle pasti akan menarik perhatiannya. Dengan tekstur yang kenyal namun lembut sangat cocok untuk menenangkan gusi yang sedang sakit. Mainan ini bisa diletakan di kereta dorong ataupun digenggam oleh Si Kecil.

Mainan lainnya adalah Spinning Triangle Rattle, mainan ini sangat mirip dengan Jungle Textured Links dan Swirly Teething Rattle, namun dengan adanya pita warna warni dapat melatih keterampilan motorik halus Si Kecil.

Lengkap sekali ya, Mamas? Meski dijual terpisah, namun Mamas juga bisa membelinya dalam satu set yang juga bisa dijadikan hadiah. Playgro mempunyai 2 pilihan gift pack terbaru, yaitu Up and Away Teething Gift Pack dan Bumble Bee Teethe and Link Gift Pack.

Untuk info lebih lengkap tentang Playgro, Mamas bisa follow akun Instagram Playgro di @playgroindo. Produk Playgro ini bisa Mamas dapatkan di semua store Mothercare baik offline maupun online, serta baby shops terdekat dari kediaman Anda.

Wednesday Giveaway

Bersama dengan Playgro, SmartMama kali ini akan mengajak Mamas untuk sharing tentang permainan apa sih yang biasanya Mamas lakukan bersama Si Kecil untuk menstimulasi perkembangan motorik dan sensoriknya?

Caranya, jawab di kolom comments! Tiga orang Mamas yang beruntung akan mendapatkan salah satu gift pack dari Playgro. Pemenang akan diumumkan pada hari Minggu, tanggal 15 Desember 2019 di akun Instagram @thesmartmamas. Good luck! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Playgro)

Shares