Health

Yuk, Cerdas Memilih Produk Anak yang Aman dan juga Halal!

By  | 

Produk anak belum tentu aman bagi anak. Begitu banyak hal yang perlu Mamas perhatikan dalam memilih produk-produk untuk buah hati Anda, agar kesehatannya tetap terjaga.

Bila sebelumnya kita hanya memperhatikan desain dan fungsinya saja, sekarang ini Mamas juga harus lebih jeli dalam memahami material apa yang menjadi bahan dasar pembuat produk tersebut.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Mamas perhatikan:

1.Simbol food grade. Perhatikan apakah ada simbol atau tanda food grade pada perlengkapan makan – minum anak. Simbol tersebut menandakan bahwa produk tersebut aman digunakan untuk perlengkapan makan – minum anak.

2.Label BPA (Bisphenol-A) free. Ini juga wajib tertera pada produk Si Kecil. Kategori ini termasuk plastik berbahan polycarbonate atau yang dikenal mengandung racun bishphenol-A (BPA) yang dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan. Perhatikan angka yang tertera pada perlengkapan makan, jika terdapat angka “7” atau tanda “PC” maka artinya produk tersebut mengandung BPA.

3.PP (Polypropylene) adalah material plastik yang memiliki ketahanan kimia yang bersifat baik, daya serap airnya pun sangat rendah, bersifat non polar, tahan terhadap asam basa, dan tidak ternoda saat proses pengecatan. Sedangkan simbolnya sendiri bergambar segitiga daur ulang yang berisikan angka “5” serta huruf “PP” pada bagian segitiga tersebut. Jenis plastik ini adalah terbaik untuk menyimpan makanan, botolnya pun juga aman dipakai sebagai wadah air minum atau susu. Dan Mama bisa mencari simbol PP bila membeli barang plastik untuk makanan.

4. Bebas PETE/PET (Polyethylene Terephthalate) yang merupakan jenis bahan plastik yang biasa dipakai untuk botol plastik jernih atau transparan seperti botol air mineral, botol jus direkomenadasikan hanya untuk sekali pakai. Jika botol Si Kecil sudah tampak tidak bagus bagian dalamnya maka sebaiknya jangan dipakai lagi ya, Mamas. Karena kandungan PET lama kelamaan akan terlepas dan meresap ke dalam air minuman ketika botol digunakan berulang. PET dapat menyebabkan kanker, sehingga disarankan agar anak tidak memakai peralatan minuman dari bahan PET.

5.Bebas Poly Vinil Chloride (PVC). Tahukah Anda Mamas, bahwa PVC adalah bahan plastik yang sering dipakai sebagai bahan dasar konstruksi bangunan dan bahan baku? Kandungan PVC memiliki kandungan phthalate yang sangat tinggi dan juga terdapat senyawa kimia dikenal sebagai pemicu kanker. Jadi hati-hati, ya!

6.Tersertifikasi halal sehingga terjamin keamanannya.

Yes Mamas, tak hanya fungsi dan teknologinya saja, maka saat ini Mamas juga harus mempertimbangkan banyak hal lainnya dimana poin keenam sebenarnya adalah yang terpenting karena telah mencakup semuanya.

Kenapa sertifikasi halal begitu penting? Karena proses sertifikasi halal diperoleh melalui peninjauan komprehensif produk yang tentunya tak sembarangan. Mulai dari pemilihan bahan kandungan, penyimpanan, proses produksi, pengemasan, hingga distribusi. Keseluruhan proses ditinjau dan dipastikan tidak adanya bahan non-halal atau turunannya yang berpotensi tidak aman bagi penggunanya. 

Produk yang telah tersertifikasi halal berarti kebersihannya terjaga, terlindung dari proses yang tidak higienis, bebas dari zat-zat kimia berbahaya, kotoran, radiasi dan bahan-bahan yang tidak halal.

Baby HUKI

Memahami perkembangan kebutuhan para mama di Indonesia untuk memberikan produk yang aman bagi buah hatinya, Baby HUKI, pelopor botol susu dan dot terjangkau yang telah hadir lebih dari 20 tahun, saat ini telah meraih sertifikasi halal dari MUI dan menjadi satu-satunya botol susu dan dot halal di Indonesia.

Sejak awal hadir, Baby Huki selalu mengeluarkan produk yang berkualitas, modern serta mengikuti perkembangan teknologi kesehatan bayi, namun tetap terjangkau. Baby HUKI aman bagi Si Kecil, bebas dari bahan-bahan berbahaya seperti BPA, dan juga tersertifikasi halal. Sertifikasi halal ini membuat para mama menjadi lebih tenang untuk memberikan Baby HUKI pada Si Kecil.

Selain botol susu dan dot, Baby HUKI juga memiliki rangkaian produk anak lainnya seperti ada feeding set, minya telon, minyak kayu putih, breast pump, nursing pad, dan masih banyak lagi. Dan tentunya, produk Baby HUKI ini sudah menjadi brand yang dipercaya oleh banyak mama di Indonesia. Dua diantaranya adalah Mama Diah dan Mama Maharani berikut ini:

Sebagai new mom, tentunya saya merasa excited sekali saat Si Bayi lahir. Sedari awal, saya pun sudah mempercayakan Baby Huki untuk botol susu Raisha. Selain harganya sangat terjangkau, produk Baby Huki sangat nyaman dan mempunyai kualitas terbaik. Lubang dot botol Baby HUKI yang menghadap ke atas bisa mencegah aliran susu keluar jika Raisha tidak menghisap, sehingga mencegah Raisha tersedak saat minum susu. Sekarang pun Raisha masih memakai produk Baby HUKI untuk feeding set-nya. Desainnya yang super cute dan pilihan warna yang menarik membuat Raisha lebih lahap makan dari feeding set Baby HUKI.

Diah Vitasari, 35 tahun, Mama dari Raisha Adreena, 3 tahun.

Dari zaman dahulu, Baby HUKI itu familiar dengan produk botol dan dot bayi. Dot Baby HUKI yang menyerupai puting mama bisa mengurangi resiko bingung putting karena mekanisme minum susu dengan dot HUKI sama dengan mekanisme menyusui.  ada lubang udara yang membuat bayi tidak tersedak karena jika tidak dihisap, air susu tidak keluar ,menurut saya jadi keunggulan Baby HUKI. Botol susu-nya pun terbuat dari Polypropylene yang terkenal tahan panas. Apalagi yang menarik, ada botol susu PP seri hewan pintar dengan karakter jerapah, flamingo, whale, gurita, rabbit dan tiger yang lucu-lucu. Kagendra suka sekali dengan botol seri hewan pintar ini.

Maharani, 29 tahun, Mama dari Kagendra, 14 bulan.

Shares