Mind

Perjalanan ke Dalam Diri Versi Andien Aisyah

By  | 

Bagi Andien, proses pembelajaran hidup tidak hanya dimulai saat berganti peran menjadi seorang mama. Start from the very beginning, bahkan sejak menjalani masa kehamilan, hubungan kita dengan Si Kecil sudah terjalin..

Melalui buku pertama yang ditulisnya bersama R. Kenyasentana berjudul “Belahan Jantungku”, mama dari Anaku Askara Biru (Kawa) berbagi pengalaman dan pilihan – pilihan yang dibuat oleh keluarga kecilnya; mulai dari persalinan dengan gentle birth, menyusui langsung sehingga Kawa perlu diajak kemanapun Andien pergi, BLW, hingga lebih mendekatkan Kawa pada alam melalui konsep earthing tanpa alas kaki sejak usia dini.

“Saya sebetulnya lebih memaknai buku ini sebagai perjalanan ke dalam diri. Kehadiran bayi dalam tubuh kita ini juga sebagai bentuk refleksi, sekaligus menyadari bahwa hubungan yang terjalin antara kita dengan Si bayi adalah hal yang luar biasa. Kita tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik, karena terus berusaha memperbaiki diri,” ungkapnya.

Pilihan pola pengasuhan tidak untuk diperdebatkan

“Sejak bayi dilahirkan, ada begitu banyak beban yang sepertinya disematkan di pundak Mama. Melalui buku ini, saya sekaligus ingin mengungkapkan bahwa setiap keluarga pasti punya pilihan atas pola pengasuhan yang diterapkan kepada anak – anaknya. Tidak perlu memperdebatkan, mari kita kuatkan insting dan perluas wawasan untuk menjalani pilihan dan berkomitmen untuk hidup keluarga yang lebih baik,” ujar Andien saat ditemui di sela – sela Meet & Greet “Belahan Jantungku” (29/11/2019) di Jakarta Barat.

Kolaborasi menghasilkan tulisan yang menyentuh

Dilengkapi dengan foto pribadi dan puisi, buku ini dilengkapi proses penulisannya oleh R. Kenyasentana, mama dari Nyala (4,5 th), “Setiap Mama pasti punya kisah personal. Dan ketika diangkat ke permukaan, bisa menjadi proses pembelajaran untuk diri sendiri.”

Smart Mama Reading List

Kami merekomendasikan buku ini untuk mamas baca dalam daftar #SmartMamaReadingList. Sharing personal story Andien ini terbaca hangat, jujur, dan menginspirasi. Dilengkapi dengan percakapan bersama para pakar seperti Reza Gunawan, pakar penyembuhan holistik; Heartworker Gobind Vashdev, Ketua AIMI ASI Nia Umar, hingga dr. Ratih Ayu Wulandari yang berbagi informasi mengenai metode Baby Led Weaning yang diterapkan untuk Kawa. Menariknya, juga ada beberapa resep favorit Kawa yang bisa mamas buat sendiri di rumah! (Nathalie Indry/KR/Photo: Instagram Andien, Belahan Jantungku, Various)

Shares