Mind

5 Ide DIY untuk Keperluan Rumah & Anak

By  | 

Zero waste! Yuk manfaatkan lagi barang – barang yang ada di rumah sebagai bahan daur ulang untuk membuat berbagai keperluan melengkapi kebutuhan rumah dan anak – anak. Kreasi ini telah dicoba oleh Editor in Chief kami Agni Pratistha.

  • Breastpad. Sisihkan kain flanel yang sudah tidak terpakai dari bahan jaket, kemeja, atau taplak. Potong dengan pola sesuai yang mamas inginkan, ambil 2 lapis kain sesuai bentuk, lalu jahit pada bagian pinggirnya.
  • Reusable cloth diapers. Manfaatkan kembali clodi milik kakak untuk digunakan Si Adik dengan terlebih dulu mengencangkan karet pada bagian paha. Buka jahitan awal, ganti dengan karet baru lalu tutup kembali.
  • Ganti spons cuci. Biasa menggunakan spons? Coba ganti loofah mandi dengan gambas atau serat oyong yang merupakan salah satu varietas tumbuhan labu. Sampah organiknya akan bisa berubah menjadi kompos.
  • Baju lama menjadi baru. Mamas punya baju yang tidak lagi terpakai? Dengan sedikit usaha (cetak kembali pola ukuran baju anak diatas baju lama), ia dapat dimanfaatkan kembali sebagai pakaian ganti dengan motif unik!
  • Kantung belanja. Kreasi sendiri dari sarung bantal yang sudah tidak terpakai, lipat ujungnya dengan menggunakan pita atau karet serut.

Tidak bisa menjahit? No problem! Manfaatkan jasa penjahit keliling sesuai dengan brief yang Mamas berikan untuk kreasi diatas. Selamat mencoba! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com, dok.pribadi Agni Pratistha)

Shares