Health

Smart Mama Story: Gwen Winarno

By  | 

Kepedulian terhadap gaya hidup sehat mengantarkannya menjadi Holistic Health Coach & founder catering sehat Pure Foods Company. Mama dari 3 orang anak Saffron (17), Gael (13), dan Jade (13), Gwen Winarno berbagi pandangan dan pengalaman healthy lifestylenya. 

“Buat saya good health itu sifatnya holistik, jadi mencakup banyak aspek dalam kehidupan,” ungkap putri pakar kuliner Indonesia Bondan Winarno tersebut.

Mendefinisikan ‘Good health’..

Yang pasti bukan hanya memastikan bahwa kita makan nutrisi yang baik, tetapi aspek seperti apakah kita mencintai kegiatan/pekerjaan yang kita lakukan? Juga soal relasi, kualitas tidur yang baik, hingga kepedulian terhadap tubuh. Cara kita bernafas yang baik dan benar saja sebenarnya sangat memengaruhi kesehatan kita. And guess what? Most of us are breathing the wrong way. 

This is what I love about being a Holistic Health Coach. It looks at health from all angles. Jadi good health itu is definitely a mind,  body and spirit thing that comes together.
Gwen & family, photo courtesy Advan Matthew.

Gwen & family, photo courtesy Advan Matthew.

Sejak usia berapa anak – anak mulai diperkenalkan dengan gaya hidup sehat & bagaimana caranya?
Sejak bayi ya kalau dipikir-pikir. Saat anak-anak saya mulai makan solids, saya memang pastikan kalau makanannya masak sendiri, jadi memang menghindari makanan baby food instant atau yang dijual sudah terproses dan sudah jadi.
Apakah misi ini sejalan dengan dibangunnya Pure Foods Company, boleh diceritakan sejak kapan berdiri & konsep bisnisnya?
Pure Foods Company lahir di tahun 2015 dari kebutuhan pribadi saya, dan partner & suami saya Yudha Budhisurya, sendiri. Kami berdua bekerja jadi kalau pulang ke rumah dari kerja biasanya kita sudah terlalu capek untuk masih mikir harus masak. But we were determined that we want to eat healthy as well.
Salah satu menu sehat Pure Foods Company: Sop Buntut.

Salah satu menu sehat Pure Foods Company: Sop Buntut.

Menyadari bahwa hal ini juga menjadi masalah sebagian besar warga Jakarta, kami memulainya as a healthy catering business yang menyediakan makanan sehat & enak. We substitute the bad ingredients to healthier ones, and we use natural and organic as much as we can or is available.
Today Pure Foods Company focuses on producing a variety of healthy food & beverages, such as almond milk, bone broth, dressings, sauces, spreads, snacks, and many more.

Sudah berapa lama menggeluti profesi Holistic Health Coach, apa saja goal yang ingin dicapai baik dari Coach maupun klien?
Quite recent actually, I’ll be certified in March 2019, tetapi sebagai bagian dari program, kita memang sudah bisa bekerja dengan klien. So I’ve been seeing clients since mid year this year. Other than taking personal or one-on-one clients, I also do group sessions and I conduct, or would get invited, to do workshops and health talks.
Sebagian besar kasus yang saya tangani berkaitan dengan gut issues (problem dengan sistem pencernaan); karena itu adalah problem saya selama puluhan tahun. Sejak kecil saya sering terganggu dengan masalah pencernaan yang Ibu saya selalu sebut sakit maag. Tetapi ketika problemnya semakin memburuk, kira-kira tahun 2008 saya check up dan ditemukan saya sakit auto-immune disorder yang disebut Irritable Bowel Syndrome (IBS) dan Inflammatory Bowel Disease (IBD). Coba bayangkan, sesuatu yang saya pikir hanya maag, ternyata kondisi yang sangat serius. Ketika dokter mau memberikan saya pengobatan dengan antibiotik, somehow gut-feeling saya said “No!” 10 years later, after a long journey of learning many different lifestyles and diets, dalam kasus saya, saya dapat meredam gejala-gejala auto-immune disorders tanpa obat-obatan.
So since most diseases start in your gut, buat saya yang paling pertama dan paling penting adalah working on healing the gut. Klien bisa datang ke saya dengan problem acne, loosing weight, eczema, hair fall, dry skin, low energy, stress, dsb., saya biasanya akan mulai dengan bimbingan untuk memperbaiki pencernaan. At the end of the day, saya ingin klien bisa menjadi yang terbaik dari versi dirinya sendiri. I believe that we all have the potential. It’s my job to help them see that and make it happen.
Gwen Winarno at Pure Foods Company.

Gwen Winarno at Pure Foods Company.

Beauty Tips
“Saya memilih menggunakan vegan make up yang terbuat dari bahan – bahan alami. Salah satu produk favorit saya adalah ESQA cosmetics. I love it! produksi lokal tapi  benar – benar memiliki kualitas international, dalam hal formulasi dan packaging.”
Tip kulit cantik alami?
Pastinya dari dalam. Sekitar 2 tahun yang lalu saya mulai kena adult acne yang sangat parah, karena auto-immune disorder itu sifatnya sistemik atau bisa mempengaruhi sistem-sistem lain di tubuh kita. Jadi seperti yang saya mention sebelumnya, yang tadinya masalah perut, jadinya lari ke hal-hal lain seperti jerawat.
Saya pergi ke dokter kulit & mereka hanya bisa memberi obat-obatan dan menyimpulkan bahwa jerawat saya datang dari stres. Saya tetap tidak mau langsung minum obat (dan akhirnya tidak minum obat juga) saya mulai jadi detektif lagi dan mencari tahu apa penyebab dan solusinya.

Dari pengalaman ini saya menyembuhkan jerawat dengan nutrisi yang baik, tidur yang cukup juga diperlukan. Semua dari minum air secukupnya, eating greens and fruits are also very important, consuming bone broth (kaldu tulang) is monumental for healthy and glowing skin karena ada kolagennya. Meditasi buat saya juga sangat membantu. Perasaan bahagia juga mempengaruhi penyembuhan kulit saya. So once again we come back to holistic, banyak aspek yang membuat kulit cantik alami, tidak hanya satu hal.
Parenting Style
Di era sosial media ini, anak-anak kita seringkali membandingkan dirinya dengan orang lain.  I think a lot of people grow up with self-hate. I know I did. The feeling of always not being good enough.
So I always try to have an open communication with my kids, tidak hanya mendengarkan keluh kesah dan tantangan mereka, tapi juga memberi pengertian nilai self-love.
Saya percaya bahwa kita bisa membangun generasi yang lebih sehat  kalau Self-Love itu ditanamkan dalam hidup anak-anak kita. Mereka akan cenderung mengarah ke self-care, dimana mereka akan membuat pilihan – pilihan terbaik dalam hidup mereka, misalnya mengonsumsi makanan bernutrisi karena peduli terhadap kesehatan tubuhnya, getting into healthy relationships, finding a job they love, etc. (Nathalie Indry/KR/Photo: Courtesy Advan Matthew, Various)

Shares