Health

Studi Harvard: Rahasia Hidup Sehat

By  | 

Menurut hasil penelitian Harvard yang telah dilakukan selama lebih dari 20 tahun pada 120.000 orang responden mengungkapkan bahwa pengaturan diet tepat merupakan faktor utama yang memengaruhi kesehatan tubuh seseorang. Berikut 5 aspek utama yang mendukung kesehatan kita.

  • Diet tepat. Tidak berarti berhenti mengonsumsi karbohidrat atau menjalankan konsep diet ekstrim ya, Mams. dr. Jiemi Ardian, seorang pskiater menyarankan konsumsi gizi seimbang dengan pembagian 1/4 bagian piring diisi dengan nasi, 1/4 bagian lagi merupakan sumber protein (daging, kacang – kacangan), dan 1/2 bagian piring merupakan gabungan antara sayur dan buah. Konsumsi gizi seimbang mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung sebanyak 20%.
  • Aktif bergerak. Tidak melulu harus menyempatkan waktu berolahraga khusus seperti berenang atau pergi ke gym, bergerak aktif seperti berjalan kaki atau naik turun tangga juga termasuk olahraga ringan kok, Mams. Para ahli menyarankan waktu ideal untuk bergerak aktif sebanyak 150 menit per minggu.
  • Mempertahankan berat badan ideal. Tahukah mamas bahwa 800 juta orang di dunia mengalami kelebihan berat badan, dan jumlahnya terus meningkat sejak tahun 2016. Untuk membantu mamas mengontrol berat badan, BMI yang disarankan adalah antara 18.5 – 24.9. Yuk, hitung lagi Body Mass Index kita dengan cara: (Berat Badan)/(Tinggi Badan x Tinggi Badan).
  • Tidak berlebihan mengonsumsi alkohol. Kandungan dalam red wine dipercaya dapat membantu mengurangi intensitas stres. Tapi jangan lupa untuk memerhatikan kembali saran konsumsinya per hari sebanyak 5 – 15 gr.
  • Tidak merokok. Dalam studi disebutkan bahwa mereka yang tidak merokok mengurangi risiko penyakit jantung hingga 50%. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares