Health

9 Langkah Agar Si Kecil Bebas Ruam Popok

By  | 

Si Kecil ruam popok? Jangan sampai kondisi ini terjadi pada Si Kecil ya, Mamas!

Ruam popok atau juga dikenal dengan nappy rash, merupakan masalah kulit yang umum dialami oleh bayi. Pada kondisi ini, kulit bayi mama mengalami iritasi kulit yang ditandai dengan bercak kemerahan di area kulit yang tertutup popok.

Ruam popok menyebabkan nyeri dan rasa tidak nyaman pada bayi. Akibatnya, bayi akan menjadi rewel dan menangis kesakitan saat kulit yang terkena ruam tersentuh popok.

Penyebab Ruam Popok

Kulit bayi yang masih sensitif bisa mengalami ruam popok karena popok yang dibiarkan terlalu lama atau jarang diganti. Kondisi ini membuat kulit terpapar bakteri yang terdapat pada feses sehingga membuat kulit menjadi iritasi. Perubahan PH yang terjadi pada air seni yang bersifat asam juga dapat menyebabkan kulit mengalami luka (seperti terasa terbakar).

Pencegahan

Menurut MayoClinic, situs kesehatan sekaligus organisasi penelitian asal Amerika Serikat, cara termudah agar bayi terhindar dari ruam popok adalah dengan menjaga kulit bayi tetap bersih dan kering . Caranya adalah dengan melakukan beberapa hal-hal berikut ini:

1.Segera mengganti popok yang kotor. Lakukan hal ini sesering mungkin ya, Mamas.

2.Saat mengganti popoknya, bersihkan seluruh bagian kulit yang selalu tertutup popok sampai bersih. Lakukan pula pada setiap lipatan kulit.

3.Setelah dibasuh, keringkan kulit bayi Anda secara perlahan hingga kering sebelum Anda memakaikan popok baru.

4.Hindari penggunaan bedak. Bedak dapat memicu iritasi kulit.

5.Sesuaikan ukuran popok dengan bayi Anda. Jangan menggunakan popok yang terlalu ketat. Gunakan popok dengan satu ukuran lebih besar selama bayi Anda menjalani masa penyembuhan dari ruam popok.

6.Jika bayi Mama menggunakan popok kain, cucilah popok hingga bersih dan hindari penggunaan pewangi pakaian saat mencucinya.

7.Hindari menggunakan sabun atau tisu basah yang mengandung alkohol serta pewangi. Kandungan alkohol dan bahan kimia dapat memicu iritasi serta memperparah ruam bayi.

8.Oleskan krim atau salep pencegah ruam popok tiap mengganti popok bayi Anda. Obat oles yang umumnya memiliki bahan dasar zinc oxide ini berguna mengatasi ruam popok.

9.Oleskan krim atau salep pencegah ruam popok tiap mengganti popok bayi. Umumnya, krim anti ruam popok ini memiliki bahan dasar zinc oxide yang berguna mengatasi ruam popok.

10.Cuci tangan Anda sebelum dan sesudah mengganti popok.


Sudocrem

Sudocrem merupakan krim asal Irlandia dengan kandungan zinc oxide. Secara klinis, Sudocrem terbukti dapat melembutkan, melindungi, dan melembabkan kulit bayi.

Kandungan emolien dalam sudocrem dapat melembutkan kulit yang mengalami luka. Sudocrem juga mengandung bahan yang sifatnya mendinginkan, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri akibat luka ruam. Krim ini juga anti air yang bersifat melindungi area yang terluka dari paparan luar.

Cara menggunakan Sudocrem sangat mudah. Setelah mencuci tangan, mamas bisa membersihkan area kulit yang tertutup popok hingga bersih, lalu keringkan. Selanjutnya, oleskan Sudocrem tipis-tipis hingga merata pada area kulit yang tertutup popok. Kenakan popok pada bayi, dan cuci tangan Anda hingga bersih.
Pastikan mamas mengaplikasikan Sudocrem pada bayi Anda setiap kali mengganti popoknya ya, Mamas.

Produk Sudocrem bisa mamas dapatkan di store Mothercare atau pun baby shop lainnya di kota Anda.

Nah, di Wednesday Giveaway minggu ini, kami jngin mengajak Mamas untuk sharing. Pernahkah bayi mama mengalami ruam popok? Lalu bagaimana cara Anda mencegahnya? Jawab di kolom comments ya, mamas! 5 orang mama yang beruntung akan mendapatkan paket menarik dari Sudocrem. Pemenang akan diumumkan pada hari Minggu, tanggal 27 Oktober di di Instagram Stories @thesmartmamas. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares