Education

Ask the Expert: Bila Anak Susah Fokus Saat Belajar

By  | 

Q: Hai SmartMama

Anak laki-laki saya, Revan, saat ini duduk di kelas 2 SD. Sudah beberapa kali gurunya mengatakan bahwa Revan seringkali tidak fokus sehingga tugas-tugas yang diberikan oleh sang guru tidak selesai.

Saat saya bertanya apa yang ia pikirkan saat berada di sekolah, jawabannya adalah tidak memikirkan apapun. Hampir setiap pagi saya juga selalu mengingatkan Revan agar selalu fokus saat belajar. Namun sepertinya itu tak juga membuatnya berubah. Apa yang harus saya lakukan?

Febby, 33 tahun, mama dari Revam, 7 tahun.

A: Hai Mama Febby,

Mendapati Si Kecil susah fokus saat belajar memang membuat khawatir. Ketakutan ia ketinggalan pelajaran di sekolah hingga tidak naik kelas tentu Anda rasakan.

Psikolog Anak dan Remaja Jane Cindy Linardi, M. Psi, Psi, CGA, menjelaskan bahwa penyebab anak seringkali tidak fokus bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah karena penggunaan gadget.

Bila memang benar Si Kecil banyak menghabiskan waktunya dengan gadget, maka mulai saat ini mamas harus membatasi penggunaannya. Penggunaan gadget secara terus-menerus dapat menurunkan konsentrasi dan fokus anak.

“Batasi penggunaan gadget hanya di weekend saja. Misalnya, di hari Sabtu mamas bisa memberinya waktu selama 40 menit di pagi hari dan 40 menit lagi di sore hari untuk menggunakan gadget. Begitu pula di hari Minggu,” saran Jane.

Tentu awalnya sulit untuk menerapkan hal ini pada Si Kecil yang sudah terbiasa memegang gadget di kesehariannya. Kuncinya tetap konsisten dengan peraturan yang telah Anda buat ya, mamas. Protes dari Si Kecil tentu akan Anda hadapi, namun kembali lagi semua ini demi kebaikan Si Kecil juga bukan, mams? (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares