Style

Berapa Suhu Air yang Pas untuk Mandi Si Kecil?

By  | 

Waktu mandi tentu saat yang menyenangkan untuk bayi Anda ya, Mamas? Selain mandij, ia  juga bisa sambil bermain dengan mainan kesukaannya. Meski begitu, ada beberapa aturan yang harus Anda ikuti agar waktu mandi Si Kecil tetap aman, dan menyenangkan!

Selain tingkat ketinggan air dan bayi tidak boleh ditinggal sendirian dalam bak mandi, mamas juga perlu memerhatikan suhu atau temperatur air mandi bayi.

Aqua scale22

Sebelum meletakkan bayi, pastikan air mandi hangat, tidak panas. Taruh air dingin di bak mandi terlebih dahulu, lalu tambahkan air panas. Campurkan air dengan baik untuk memastikan tidak ada hot spot. Ini akan mengurangi risiko kulit bayi terbakar.

Selain itu, hindari menaruh bayi di bak mandi ketika air masih mengalir. Karena suhu air dapat berubah dengan cepat dan bayi dapat tersiram air panas hanya dalam hitungan detik.

AquaScale (10)

Lalu berapa suhu air yang tepat untuk mandi bayi? Suhu air mandi bayi haruslah berkisar suhu tubuhnya sendiri. Mamas bisa menggunakan termometer atau menggunakan siku Anda untuk mengukur suhu air.

Namun untuk praktisnya, mamas bisa lho menggunakan bak mandi bayi digital Aqua Scale! Aqua Scale merupakan bak mandi bayi premium asal Amerika Serikat. Bak mandi yang diperuntukkan bagi bayi usia 0 – 24 bulan ini, memiliki monitor suhu air (water thermometer) sehingga mamas tidak perlu mengira-ngira suhu air. Cukup masukkan air ke dalam bak mandi, maka layar suhu air akan langsung menunjukkan berapa suhu air tersebut. Setelah mamas mendapatkan suhu air yang pas (34 – 36°C), mamas pun bisa meletakkan bayi di dalam bak mandi yang telah berisi air hangat. Bak mandi yang bisa digunakan dalam 2 posisi ini (infant and toddler position), memiliki lapisan anti licin sehingga badan bayi tidak tergelincir saat duduk. Aqua Scale juga memiliki desain yang ergonomis, sehingga bayi tetap nyaman saat mandi dan terhindar dari stres atau cedera saat mandi.

AquaScale (13)

Tak hanya dapat mengukur suhu air, ternyata Aqua Scale ini juga bisa berfungsi sebagai timbangan bayi digital lho, Mams! Sangat multifungsi, bukan? Tak hanya dapat mengukur suhu air, Aqua Scale ini juga bisa berfungsi sebagai timbangan bayi digital lho, Mams! Dan ini benar-benar akan mempermudah Anda untuk terus memantau berat badan Si Bayi. Anda bisa menimbang Si Kecil baik dalam kondisi bak mandi kosong tanpa air, maupun saat Si Kecil sedang berendam dalam air mandinya. Jadi, bisa mengetahui berat badan Si Kecil kapan saja diperlukan, tak perlu menunggu jadwal imunisasinya. Terbukti, Aqua Scale ini multifungsi, praktis, aman, daan mudah dioperasikan. Cukup menekan tombol on/off dan menu sesuai dengan kebutuhan.

Melalui Wednesday Givesaway minggu ini, Smart Mama mengajak mamas untuk sharing tentang bagaimana mamas menjaga agar mandi Si Kecil jadi momen yang menyenangkan baginya? Jawab di kolom comments ya.. 2 Orang mama yang beruntung akan mendapatkan bak mandi bayi digital dari Aqua Scale! Pemenang akan diumumkan pada hari Minggu, 2 September 2018. Happy sharing! (Tammy Febriani/YA/Photo: Doc. Aqua Scale)

Shares