Health

Seberapa Sering Kita Harus Menyusui Si Newborn?

By  | 

Anda harus menyusui atau memberi susu kapan pun Si Kecil lapar dalam beberapa bulan pertama kelahirannya. Lalu bagaimana mengenali apakah Si Kecil sedang lapar atau tidak?

Sebenarnya, bayi akan memberitahu kapan ia merasa lapar. Dan perlu Anda ketahui, menangis bukanlah satu-satunya tanda untuk mengetahui hal ini. Sebenarnya ada tanda-tanda lain lho, yang bisa Mamas kenali lewat tingkah lakunya, seperti:

-Bersandar ke payudara atau botol susunya.

-Mengisap tangan atau jari-jarinya.

-Membuka mulutnya, menjulurkan lidahnya, atau mengerutkan bibirnya.

-‘Cerewet’.

Menangis sebenarnya juga merupakan salah satu tanda bayi merasa lapar. Tetapi jika Mama menunggu sampai bayi Anda sangat kesal untuk memberinya makan, mungkin Anda akan sulit untuk menenangkannya.

Seberapa Seringkah Bayi Merasa Lapar?

Biasanya Anda akan diberitahu bahwa Anda perlu menyusui Si Kecil setiap dua jam sekali. Namun setiap bayi berbeda. Itu juga tergantung pada apakah bayi Anda minum ASI atau susu formula, karena mereka lebih cepat mencerna ASI.

Jika Anda menyusui, bayi newborn mungkin ingin menyusu setiap 1,5 hingga 3 jam sekali. Seiring bertambahnya usia, ia perlahan-lahan akan mulai menyusu lebih jarang dan Anda akan lebih mudah mengenalinya.

Bayi baru lahir harus menyusu 8-12 kali sehari selama bulan pertama. Ketika Si Kecil telah berusia 4 hingga 8 minggu, ia mungkin akan mulai menyusui 7-9 kali sehari.

Jika dia minum susu formula, maka bayi Anda mungkin akan minum setiap 2 hingga 3 jam pada awalnya. Saat semakin besar, ia akan merasa lapar antara 3 hingga 4 jam setelah minum susu.

Mamas mungkin juga memperhatikan bahwa bayi Anda terkadang ingin makan lebih sering atau jumlah yang lebih besar dari biasanya. Hal ini biasanya terjadi ketika seorang anak tumbuh dengan cepat. Si Kecil mungkin mengalami perubahan porsi ASI atau susu pada usia 7-14 hari, antara 3-6 minggu, sekitar 4 bulan, dan sekitar 6 bulan.

Tidak yakin apakah bayi Anda cukup makan? Anda tak perlu khawatir. Jika anak Anda mengganti 4-6 kali popok dalam sehari, buang air besar secara teratur, dan berat badannya bertambah, maka kemungkinan dia baik-baik saja. Jika Anda merasa ada masalah, hubungi dokter anak Anda ya, Mams! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares