Health

Sharing Moment: Pregnancy Myths Revealed

By  | 

Hi Mamas to be! Bagaimana Anda menjalani masa kehamilan selama ini? Tentu saja, dalam prosesnya, ada banyak sekali mitos & fakta yang sering didengar mengenai perkembangan janin, ya. Apakah semuanya benar? Tentu tidak. dr. Boy Abidin, SpOG membahasnya bersama komunitas Smart Mama dalam acara Sharing Moment “Pregnancy Myths Revealed”.

Berikut beberapa mitos / fakta yang kami bahas saat event berlangsung:

  1. Konsumsi durian, nanas & tape selama hamil dapat membahayakan kandungan. FAKTA. Kadar alkohol yang terkandung di dalamnya cukup tinggi sehingga berpotensi memunculkan kontraksi pada kandungan. 
  2. Konsumsi air kelapa hijau saat hamil dapat membuat kulit bayi bersih. Kacang hijau membuat rambut lebih tebal. MITOS. Tidak ada kaitan secara medis. 
Pregnant Mytha Lestari & dr. Boy Abidin, SpOG sharing pengalamannya tentang mitts & fakta kehamilan.

Pregnant Mytha Lestari & dr. Boy Abidin, SpOG sharing pengalamannya tentang mitts & fakta kehamilan.

   3. Libido yang dirasakan calon mama saat hamil cenderung lebih tinggi. MITOS. Bersifat fluktuatif, bisa naik/turun selama masa kehamilan, tidak selalu meningkat & bersifat sangat personal.

4. Akupunktur tidak aman dilakukan saat hamil. MITOS. Calon mama boleh mencoba akupunktur yang bertujuan untuk relaksasi atau spa, karena dapat mimbantu mengatasi keluhan – keluhan saat hamil seperti mual atau sakit kepala.

   5. Minum air es saat hamil dapat membuat berat badan kanin berlebih. MITOS. Gula yang menyebabkan berat badan meningkat.

Yoga exercise bersama Adeline Windy

Prenatal Yoga exercise bersama Adeline Windy

One of Mamas to be, Mytha Lestari yang sedang hamil 7 bulan mengakui banyak mendengar mitos/fakta yang sering beredder di masyarakat, terutama yang dipercayai oleh Sang Ibu. Misalnya, Ia sering dilarang untuk memijat badannya selama masa kehamilan karena masalah peranakan yang membahayakan. “Karena saya juga melakukan riset, saya mempelajari alasan medis dibalik semua aktivitas yang akan dilakukan saat hamil, jadi ketika tidak ada kaitannya, saya tetap lakukan dengan hati – hati. Tentu saja sebaiknya kita tidak langsung menolak statement Ibu, ya.. Biasanya saya iyakan saja hehe..“, ungkapnya.

Sementara itu, Adeline Windy, Prenatal Accredited Yoga Trainer mengungkapkan bahwa yoga selama masa kehamilan dapat dilakukan secara teratur selama minimal 1 kali seminggu. Mamas to be dapat merasakan sendiri kesiapan tubuhnya menjelang & paska latihan sebagai proses introspeksi kesehatan diri.

Anita A. Winata  - Product Manager Sensitif saat berbagi informasi rangkaian produk untuk mempersiapkan kehamilan.

Anita A. Winata – Product Manager Sensitif saat berbagi informasi rangkaian produk untuk mempersiapkan kehamilan.

Anita Anastasia Winata, Product Executive Sensitif  pada saat yang sama memperkenalkan produk Ovutest, untuk menjawab pertanyaan mamas yang ingin merencanakan kehamilan dalam waktu dekat. “Ovutest adalah alat tes kesuburan yang dapat dengan mudah digunakan kapan & dimana saja untuk mamas mengetahui masa suburnya. Diharapkan, langkah ini dapat membantu merencanakan masa kehamilan pasangan suami istri di Indonesia,” ungkapnya.

See you Mamas at the next Sharing Moment with Sensitif! (Nathalie Indry/KR/Photo, Video: dok. SmartMama)

 

Shares