Mind

5 Tren Kehamilan 2018

By  | 

Smart Mama menggolongkan paternity leave ke dalam parenting trend yang akan hits di tahun 2018. Nah, bagaimana dengan kehamilan? Here are the top 5 pregnancy trends this year. 

A doula showing labor positions to a pregnant woman

Welcoming doula!

Doula adalah pendamping persalinan. Mereka bertugas mendampingi calon mama selama proses kehamilan dan melahirkan, memberikan afirmasi positif dan membantu Anda menikmati masa kehamilan bersama dengan pasangan. Di tahun ini, peran doula diprediksi akan mendapat kepercayaan bagi banyak calon mama karena pemahaman untuk ‘berdamai’ dengan kehamilan semakin tinggi. (Baca juga: Smart Mama Story: Ashtra Dymach Effendi & Pengalaman Sebagai Doula).

Sarah Stage

Sarah Stage

Get more exercise

Semakin tumbuh pemahaman bahwa kehamilan bukanlah halangan untuk tetap fit dan aktif, calon mama diprediksi akan semakin familiar dengan kelas – kelas olahraga prenatal. Selain itu, pregnancy role model tidak hanya datang dari kalangan selebritis, tetapi juga fitness trainer seperti Sarah Stage hingga Emily Skye kerap berbagi tip dan inspirational posts melalui akun social media. 

Screen Shot 2018-01-15 at 11.17.56 PM

Memorable photoshoot

Kehadiran media sosial turut memberikan inspirasi bagi calon orangtua untuk mengabadikan momen kehamilan. Fotografer profesional tidak segan membagikan ide maternity shoot dalam rangkaian project hasil kolaborasi dengan selebriti yang sedang mengandung.

Pregnant woman celebrating baby shower with friends

Baby Shower is ON

Tanpa melupakan upacara adat/tradisional yang kerap dilakukan untuk menyambut kehadiran janin dalam kandungan, selebrasi melalui baby shower diprediksi akan menyita perhatian pasangan yang sedang menanti kehadiran buah hati (Baca juga: 4 Pilihan Tempat Untuk Baby Shower di Jakarta).

Husband Supporting Wife During Home Water Birth

Waterbirth  

Belakangan, proses melahirkan di dalam air dengan bantuan para ahli menjadi salah satu metode melahirkan favorit para calon mama, termasuk beberapa selebriti Indonesia. Sekalipun hanya bisa dilakukan di beberapa tempat tertentu, metode ini dipercaya dapat semakin mempererat bonding antara orangtua dengan bayi. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto, Instagram)

Shares