Cara Tepat Menyimpan Telur

By  | 

Sebagai makanan sumber protein, telur banyak digemari. Baik cukup disantap sebagai telur mata sapi ataupun telur dadar, seringkali telur juga dikonsumsi sebagai bahan pelengkap untuk roti dan masakan lainnya.

Nah, bagi mamas yang tentunya sering menggunakan telur sebagai bahan masakannya, dimanakah biasanya mamas menyimpan telur-telur ini di rumah?

Sebagian orang menyarankan untuk menyimpan telur di dalam lemari pendingin, namun sebagian lainnya justru menyarankan untuk menyimpannya di suhu ruang. Yang mana yang paling benar? Simak penjelasannya berikut ini:

 

Refrigerator full of food

 

Cara Menyimpan Telur yang Benar

Untuk menjaga kualitas telur, disarankan bagi mamas untuk tidak menyimpannya di suhu ruang. Hal ini penting untuk dilakukan guna menjaga telur agar tak mudah busuk. Walau begitu, menyimpan telur di kulkas pun juga ada aturannya lho, Mams.

“Menyimpan telur di pintu lemari pendingin (kulkas), akan membuat telur-telur ini mudah terekspos oleh udara luar yang berbeda suhu dengan suhu dalam kulkas saat lemari kulkas dibuka – tutup. Dan hal tersebut bisa membuat telur jadi mudah busuk,” terang Vlatka Lak, food storage expert kepada The Sun.

Banyak perdebatan dimana sebaiknya kita menyimpan telur. Namun menurut konsensus umum, sebaiknya telur memang disimpan di dalam kulkas. Hanya saja, jangan meletakkannya di pintu kulkas ya mams, melainkan di bagian dalamnya.

Di Eropa sendiri, menyimpan telur di suhu ruang sudahlah umum. Namun karena praktik produksinya berbeda, menyimpan telur di suhu ruang justru tak dianjurkan di Negara Amerika bagian utara.

Menurut Health Canada, telur yang segar harus selalu disimpan di dalam kulkas namun jangan pernah dibekukan. Telur juga sebaiknya jangan disimpan di suhu ruang lebih dari 2 jam, baik dalam kondisi mentah ataupun sudah dimasak.

“Telur sebaiknya didinginkan di bagian dalam kulkas, secepat mungkin setelah Anda membelinya. Selain itu, menyimpan telur di dalam kartonnya juga akan membantu melindungi telur agar tidak mudah rusak,”saran Health Canada. Jadi, ubah kebiasaan lama Anda menyimpan kulkas di bagian pintu ya, Mams! (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares