Education

Tip Membaca Dongeng Dari Pauline Oud

By  | 

Penulis best seller seri buku anak “Lily & Milo” sekaligus ilustrator berkebangsaan Belanda, Pauline Oud mengungkapkan bahwa teknik membaca dongeng yang baik akan memaksimalkan pengenalan konsep moral cerita kepada Si Kecil.

Pauline Oud & her books

Pauline Oud & her books

Ditemui dalam event gathering bersama penerbit Clavis Books di kawasan Jakarta Selatan (Baca juga: Ilmu Penulisan Buku Anak dari Clavis Books), Pauline berbagi tip mudah bagi orangtua agar dapat memaksimalkan momen membaca cerita bersama anak – anak:

1. Atur irama & tempo suara. Tentu saja, membaca dialog karakter hewan tidak sama dengan manusia. Usahakan selalu membedakan suara antara tokoh yang berbeda, bila perlu ajak pasangan untuk membacakan dongeng bersama – sama. Atur tempo suara menjadi lebih lambat untuk anak – anak dengan usia di bawah 5 tahun. Pastikan mamas memilih penggunaan bahasa kasual yang simpel, serta berkalimat pendek.

2. Pastikan Si Kecil memahami inti cerita. Tanyakan apakah ia sudah paham dalam memahami setiap halaman cerita, ulangi pembacaan jika diperlukan.

Mother and cute little girl reading in bed

3. Waktu rutin. Sebelum tidur dikatakan sebagai momen yang tepat untuk membacakan Si Kecil cerita. Mengapa? Karena saat itulah otak sedang berada dalam kondisi rileks sehingga mampu menyerap dan mengingat cerita positif yang akan disampaikan.

4. Penjelasan tambahan. Bila diperlukan, gunakan alat peraga atau siapkan informasi tambahan mengenai karakter, tokoh, hingga latar belakang cerita untuk mendukung pemahaman anak – anak tentang cerita.

5. Buat cerita bersambung. Bagi anak – anak dengan usia 5 tahun ke atas, rasa penasaran dapat dibangun dengan memberikan potongan cerita yang berkelanjutan. Berikan pertanyaan di akhir cerita yang memungkinkan ia untuk menerka adegan berikutnya, yang sekaligus dapat menstimulasi kemampuan otak dan keberanian berpendapat. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com, dok. Smart Mama)

Shares