Interior Design

Manfaatkan Ruang Sempit untuk Laundry Room

By  | 

Ruang sempit di beberapa sudut rumah kadang mejadi titik yang terlewatkan. Rasanya sayang jika membiarkannya tidak digunakan dan nantinya akan menjadi ruang yang sia-sia.

Oleh karenanya, menjadikan ruang sempit untuk mencuci dan menyeterika (laundry room) merupakan ide bagus yang mungkin Anda bisa aplikasikan. Ruang mencuci disini maksudnya merupakan ruang di mana kegiatan mencuci dan menyeterika pakaian dilakukan bersamaan. Ya, menyiasati ruangan sempit sebagai laundry room memang agak tricky, namun tidak ada salahnya dicoba.

1. Sebagai awalan, Anda bisa menggunakan rak gantung (floating shelf) untuk menggantikan fungsi lemari. Dengan begitu Anda bisa menggunakan ruang tersisa di bawahnya untuk meletakkan mesin cuci dan meja seterika.

2. Untuk menyimpan pakaian kotor, Anda bisa gunakan folded laundry troley, yakni sebuah lori untuk menampung pakaian kotor dan bisa dilipat ketika tidak digunakan.

3. Kemudian untuk menjemur, Anda bisa bentangkan temali dan rentangkan beberapa balok kayu bundar sebagai jemuran. Tentunya Anda harus memastikan pakaian telah dikeringkan di mesin cuci terlebih dahulu jika ingin menjemur di dalam ruangan ini.

02_storage_EL_05jul12_PR_bt_426x639

4. Gunakan meja seterika lipat untuk menghemat tempat. Meja seterika sebaiknya juga bisa dipindahkan, untuk mendapatkan tempat ekstra lainnya.

5. Selain instalasi pipa air dan pembuangan untuk mesin cuci, sebaiknya Anda juga perlu menginstalasi eksaus (mesin sirkulasi udara) untuk menghindari ruangan terlalu lembab lantaran cucian yang tengah dijemur.

d29d33beb0890dc12b3b4915ad87dc0a

6.Terakhir, sediakan pot transparan di floating shelf guna mengumpulkan barang yang baru saja ditemukan yang terselip di pakaian atau sekedar wadah untuk koin yang telah tercecer di dalam mesin cuci. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares