Health

Bagaimana Serena Williams Menjaga Kesehatannya Selama Hamil

By  | 

Dari memenangkan Australian Open pada trimester pertama dan terus bermain tenis hingga memasuki trimester akhir kehamilannya, Serena Williams menunjukkan bagaimana ia sangat memerhatikan kesehatan selama hamil. Dan tentunya, apa yang dijalani Serena ini juga dapat menginspirasi kita, para mamas to be.

Yuk, simak perbincangan Fit Pregnancy dengan Serena mengenai kehamilannya:

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh saat tidak hamil bisa dibilang bukan perkara mudah, apalagi ketika sedang hamil. Bagaimana seorang Serena dapat tetap aktif dan fit selama kehamilan?

“Walau hanya 20-30 menit setiap harinya, saya rasa tetap berolahraga selama hamil sangatlah penting. Selain itu, tidur cukup dan berkualitas juga tak kalah penting. Karena, bila di malam hari kita kurang tidur, keesokannya kita akan terlalu lelah untuk berolahraga, untuk beraktivitas, dan bahkan untuk sekedar makan makanan sehat. Semua bersumber pada cukup tidaknya Anda beristirahat. Kebanyakan wanita hamil mengalami masalah tidur karena mengalami masalah dengan berat badannya yang meningkat cukup banyak, karena itu menjaga kesehatan saat hamil sangatlah penting.”

 

Serena dan sang tunangan, Alexis Ohanian.

Serena dan sang tunangan, Alexis Ohanian.

 

Lalu bagaimana persiapan yang dilakukan saat menghadapi kejuaraan tenis Australia Open di awal kehamilan lalu?  

“Kesehatan saya dan juga kandungan saya tentunya menjadi perhatian utama saat menghadapi pertandingan tersebut. Karena itu saya berkonsultasi dengan beberapa dokter yang telah menangani saya selama ini. Saya ceritakan pada mereka mengenai kehamilan saya dan juga seperti apa kondisi saya. Semua berjalan dengan baik, walau begitu saya tetap sangat berhati-hati saat itu.”

 

Serena tetap berolahraga tenis selama hamil.

Serena tetap berolahraga tenis selama hamil.

 

Apakah Anda akan tetap bermain tenis hingga sesaat sebelum melahirkan nanti?

“Ya, walau begitu olahraga tenis yang saya lakukan saat ini sangat berbeda. Saya menyesuaikannya dengan kehamilan saya. Saya tidak melakukan gerakan-gerakan ekstrim yang dapat membahayakan kehamilan saya.  Walau akan sangat menarik bila saya bisa bisa terus bermain tenis hingga due date nanti, namun saya lebih memilih untuk berolahraga tenis sesuai dengan kapasitas saya saat ini. Bagi saya yang terpenting saat ini hanyalah tetap bisa bermain tenis, memiliki tubuh yang sehat, dan juga kehamilan yang sehat.  I just do some light working out so I can stay fit.”

Lalu bagaimana setelah melahirkan nanti, apakah akan ada perubahan-perubahan yang akan dilakukan seorang Serena Williams setelah menjadi mama?

“I think the transition will be great. [Motherhood] is not going to change who I am, the soul of who I am, the soul of what I am.” (Tammy Febriani/KR/Photo: Dok. Instagram Serena Williams)

Shares