Health

7 Manfaat Digital Detox untuk Kesehatan

By  | 

Saat ini, siapa sih yang bisa berpisah dari gadget dan dunia digital? Semuanya dilakukan dengan smart phone, mulai dari kerjaan, memantau Si Kecil, pesan makanan, hingga menggunakan jasa transportasi online. Hal ini membuat Anda sangat tergantung dengan gadget ya, Mams. Kala Anda lupa membawa smart phone, pasti rasanya sangat tidak enak, dan memilih putar balik ke rumah untuk mengambilnya, baru melanjutkan aktivitas. Padahal, jika Anda terlalu bergantung pada gadget dan dunia digital, banyak juga ruginya, lho. Contohnya, penglihatan terganggu, fokus Anda saat bermain dengan Si Kecil juga berkurang, plus Anda jadi adiksi terhadap gadget. Sesekali, di saat Anda tengah libur, tak ada salahnya Anda melakukan digital detox, yakni periode dimana Anda menjauhkan diri dari barang eletronik, serta dunia digital. Setidaknya, ada 7 benefit yang bisa Anda dapatkan jika melakukan hal ini secara berkala.

1. Terhindar dari adiksi. Sama seperti drugs, gadget juga dapat membuat Anda kecanduan lho, Mams. Hanya saja hal ini tidak terasa karena tidak berdampak langsung pada kesehatan, maupun perilaku. Namun demikian, hal ini cukup berbahaya, sehingga saat Anda melakukan detoksifikasi terhadap dunia digital, maka Anda akan terhindar dari kecanduan. Anda pun tak akan gelisah maupun bad mood jika gadget Anda tertinggal atau rusak.

2. Terhindar dari depresi dan stres. Segala sesuatu yang kelewat batas akan memicu stres atau gangguan pada kejiwaan. Begitu juga dengan penggunaan digital yang berlebihan, apalagi jika sampai tidak bisa hidup tanpa gadget. Nah, dengan melakukan digital detox secara rutin, maka Anda akan jauh lebih rileks.

3. Tidur berkualitas. Saking kecanduannya, ke tempat tidur pun kita seringkali membawa smart phone. Hal ini dapat memicu kurang tidur atau tidur Anda jadi kurang berkualitas. Dengan detoksifikasi dari dunia digital, maka Anda akan lebih mudah tertidur nyenyak, dan bangun dengan kondisi tubuh yang segar.

Good dreams make your day better

4. Postur tubuh yang lebih baik. Keseringan menggunakan gagdet juga dapat memicu gangguan pada postur tubuh. Pasalnya, saat menggunakan berbagai alat digital tersebut, Anda kerap membungkuk, atau kerap tidak memerhatikan cara Anda duduk maupun berdiri kala sedang asik dengan gadget.

5. Terhindar dari iritasi mata. Yes Mams, terlalu lama melihat layar digital tentu saja dapat memicu iritasi pada mata. Apalagi jika Anda menggunakan gadget untuk menonton dalam waktu yang cukup lama. Salah satu manfaat dari digital detox ini adalah menjaga kesehatan mata Anda.

6. Tubuh lebih aktif. Terlalu konsentrasi dengan gadget membuat Anda malas bergerak, apalagi berolahraga. Anda cenderung ingin duduk di tempat nyaman dan mengonsumsi gadget dalam waktu lama, tubuh pun tidak bergerak. Digital detox akan membuat Anda memiliki keinginan bergerak, entah melakukan aktivitas membenahi rumah atau olahraga.

7. Terhindar dari celaka. Adiksi terhadap smart phone seringkali membuat Anda kurang hati-hati, misalnya berjalan sambil melihat telepon. Atau menyetir sambil menggunakan smart phone Anda. Tentu saja hal tersebut dapat memicu terjadinya kecelakaan.

Yuk Mams, mulai sekarang, ada baiknya kita membatasi penggunaan gadget maupun konsumsi dunia digital. Selain baik untuk kesehatan, Anda juga lebih rileks dan bersosialisasi secara sehat. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares