Beauty & Style

Q& A : Bolehkah Calon Mama Pakai High Heels?

By  | 

Q: Saat ini kehamilan sudah memasuki trimester kedua dan saya sangat menyukai menggunakan sepatu berhak tinggi atau high heels saat beraktivitas di luar. Yang ingin saya tanya, apakah ibu hamil boleh menggunakannya?
Yana, 29 tahun, hamil 5 bulan

A: Ada banyak alasan mengapa ibu hamil disarankan tidak menggunakan high heels selama kehamilan. Diantaranya :
1. Kaki bengkak. Masalah ini sering terjadi akibat pemakaian sepatu berhak tinggi. Penyebabnya, beban tubuh menumpuk di satu titik, yaitu di bagian depan kaki sehingga kaki menjadi bengkak.
2. Sakit Punggung. Menggunakan high heels saat hamil juga bisa berakibat sakit punggung. Mengapa? Karena saat hamil, Anda membawa dua beban yaitu berat Anda dan janin di dalam rahim. Maka, kaki pun harus menopang beban lebih berat dan itulah yang membuat punggung terasa sakit.
3. Varises. Menggunakan high heels saat hamil dapat memicu ketegangan otot pada betis dan paha. Bahayanya adalah ketika otot manjadi tegang bisa mempercepat munculnya varises pada kaki.
4. Tubuh tak seimbang. Seiring usia kehamilan, perut akan semakin membesar.  Keseimbangan badan pun berubah dan kemampuan menyeimbangkan badan juga semakin berkurang. Menggunakan high heels terutama di trimester ketiga bisa berisiko membuat Anda terjatuh. Ada baiknya gunakan sepatu yang nyaman dan aman ya. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares