Parenting

Eksplorasi Bakat Minat Si Kecil dengan Cara Ini

By  | 

“Minat & bakat Si Kecil sudah bisa dieksplorasi sejak usia 4 tahun.” Psikolog Murni Risman dari Tes Bakat Indonesia saat ditemui dalam acara Kids Education Expo Indonesia 2017 menjelaskan bahwa orangtua dapat ikut serta membantu menemukan minat & bakat tersebut.

Psikolog Murni Risman, Tes Bakat Indonesia

Psikolog Murni Risman, Tes Bakat Indonesia

Apakah mereka menonjol dalam word ability (mempelajari bahasa), musik, body (menari), people (bersosialisasi), atau nature (eksplorasi alam), Mamas dapat membantu proses eksplorasi minat dan bakat dengan cara berikut:

1. Kenali 4P. Yaitu Potential, Passion, Personality, dan Physical anak.

“Otak anak akan bekerja lebih produktif sebanyak 31% ketika ia mengerjakan sesuatu yang disenangi.” – Shawn Archer, Psychology researcher. 

2. Eksplorasi dari aktivitas yang disukai, misalnya bernyanyi atau menggambar.

3. Ikut bermain bersama Si Kecil, sehingga ia merasa didukung melakukan hal yang disukai.

Young mother painting with son

4. Memberi semangat, bukan kritik. Mari bedakan kalimat pemberi semangat dan kritikan:

Semangat: Wah, gambarnya bagus. Boleh diceritakan tentang gambar kamu?

Kritik: Gambarnya bagus, tapi kok itu – itu terus?

5. Rencanakan pendidikan, sesuaikan gaya belajar anak dengan karakter dirinya. Apakah ia tipe anak yang lebih senang belajar secara visual (melihat objek detail dan berwarna), auditori (belajar dari aktivitas mendengar dan berkomunikasi), atau kinestetik (belajar melalui indera, gerakan dan sentuhan tubuh).

Yuk, bantu temukan bakat & minat Si Kecil melalui proses observasi yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang! (Nathalie Indry /KR /Photo: Istockphoto.com, dok. Smart Mama) 

Shares