Parenting

Kembangkan Imajinasi Si Kecil dengan Cara Ini

By  | 

Saat bermain, Si Kecil jadi lebih sering membayangkan ia sedang berada di sebuah tempat ‘lain’ dan menjadi pahlawan super. Pernahkah Anda mengalaminya, Mamas?

Seiring dengan semakin terasahnya kemampuan bicara anak, secara spontan otak akan merangsang gagasan dan pemikiran kreatif yang muncul sebagai kemampuan berimajinasi. Tidak sekedar berkhayal, banyak lho manfaat imajinasi bagi perkembangan psikologis seorang anak, berikut diantaranya:

1. Menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif.
2. Mengasah kemampuan komunikasi, karena ketrampilannya berbicara.
3. Mengasah kemampuan berpikir kritis, terhadap pertanyaan – pertanyaan yang sering muncul berkaitan dengan imajinasinya.

Thinking happy kid girl looking up on question and exclamation
4. Melatih rasa percaya diri.
5. Melatih kemampuan memecahkan masalah. Sebuah penelitian yang dilakukan di Case Western Reserve University, Ohio menunjukkan bahwa anak yang imajinatif di waktu kecil memiliki kecenderungan untuk tumbuh menjadi seorang problem solver yang baik.

Cover di kedua sisi, masing - masing berisi 5 cerita pendek

Cover di kedua sisi, masing – masing berisi 5 cerita pendek

Untuk menumbuhkan daya imajinasi ini, Mamas dapat mengajak Si Kecil melakukan berbagai aktivitas permainan seperti bermain peran, hingga membaca buku bersama. “Kumpulan Kisah Pembangkit Imajinasi” adalah salah satu buku rekomendasi Smart Mama untuk Anda & Si Kecil. Terdiri dari 10 cerita pendek yang mengubah perilaku anak menjadi lebih positif. Dilengkapi dengan dual bahasa (Bahasan Indonesia & Bahasa Inggris) & ilustrasi, mamas dapat mengajak mereka berpetualang ke masa depan, area bawah tanah, hingga dunia es yang ajaib!

Seperti cerita seorang gadis kecil yang merasa tidak diperhatikan oleh orangtuanya karena diminta untuk melakukan berbagai hal sendiri. Misalnya makan, mandi, atau membaca. Suatu hari ia terperosok ke dunia bawah tanah dan bertemu dengan keluarga kelinci yang memaksanya untuk melakukan perkerjaan rumah sebagai pembantu. Sejak saat itu, ia dapat melakukan segala hal sendirian dan menyadari dirinya sangat merindukan keluarga di rumah.

Melalui cerita ini, Mamas dapat mengarahkan imajinasi Si Kecil saat bertemu dengan keluarga kelinci di dalam tanah, lalu bertemu dengan binatang dan tumbuhan yang hidup di dalam tanah. Saatnya memperkenalkan pengetahuan dengan cara yang menyenangkan, masih ada 9 petualangan seru lainnya yang bisa Anda bacakan untuk mereka. Let your imagination fly! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com, dok. Gramedia)

Shares