Health

30 Aturan Kesehatan untuk Wanita Usia 30-an

By  | 

Mamas, memasuki usia 30 tahun saatnya Anda mulai lebih aware terhadap kondisi tubuh dan kesehatan. Jika di usia 20-an Anda cenderung santai dengan masalah kesehatan dan asupan. Di usia yang baru ini Anda harus lebih berhati-hati ya, Mams. Berikut 30 health rules yang harus Anda perhatikan di usia 30-an ini.

1. Atur pola makan yang sesuai dengan Anda. Maksudnya, di usia ini Anda harus mulai menjaga asupan ya, pilih pola diet yang paling sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Menurut riset, Anda sebaiknya mulai menjaga pola makan di usia 32 tahun. Tentu saja Anda wajib mengonsumsi banyak sayuran dan buah, serta perbanyak minum air putih.

2. Temukan olahraga yang Anda sukai. Di usia 30-an, Anda memang wajib menjag metabolisme dengan berolahraga secara rutin. Jadi, cari olahraga yang paling tepat dan tidak membuat Anda bosan. Jika Anda senang menari maka zumba dapat dijadikan pilihan, atau jika Anda menyukai outdoor, jalan kaki atau lari adalah olahraga yang tepat bagi Anda.

3. Kurangi konsumsi daging merah dan jeroan. Yang satu ini sangat wajib dilakukan, Anda dapat menguranginya dengan cara simpel, misalnya hari Senin dan Kamis adalah hari bebas daging dan jeroan. Jadi di kedua hari tersebut Anda otomatis tidak menyentuh daging merah dan jeroan.

4. Senam kegel. Yes Mams, bertambahnya usia dapat menyebabkan otot area pelvis Anda mengendur, Atasi dengan senam kegel secara rutin.

5. Periksa payudara secara rutin. Yang satu ini memang wajib Anda lakukan, pelajari cara memeriksa payudara sendiri. Dan periksakan secara rutin ke dokter, paling tidak 6 bulan sekali ya, Mams.

6. Perhatikan jumlah kalori yang Anda asup. Mulai saat ini, ada baiknya Anda menghitung asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda. Normalnya jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh adalah 2000 per hari, namun demikian harus disesuaikan juga dengan usia dan BMI Anda. Di usia ini biasanya sekitar 1.600-1.800 kalori per hari bagi Anda yang aktivitas tubunya tidak terlalu tinggi sudah sangat cukup.

7. Jaga kesehatan kaki. Kenakan sepatu yang nyaman, juga rajin memelihara kesehatan kaki dengan cara menggerakkan kaki dapat membuat kondisi kaki Anda kuat dan sehat hingga usia senja nantinya.

8. Pelajari penyakit genetik dalam keluarga. Mulai sekarang coba Anda mencari tahu penyakit keturunan dalam keluarga. Jika sudah mengetahuinya, Anda dapat melakukan berbagai cara untuk mencegahnya.

9. Perhatikan kesehatan tulang. Menjaga asupan makan dengan konsumsi sayuran hijau serta susu dapat memperkuat tulang Anda dan mencegah osteoporosis.

10. Hindari duduk terlalu lama. Duduk terlalu lama dapat menyebabkan penumpukan lemak di area perut. Selain itu, otot kaki dan bokong juga akan melemah. Jika pekerjaan Anda menuntut untuk duduk dalam waktu yang lama, maka ada baiknya secara berkala Anda berdiri dana berjalan mengelilingi ruangan.

11. Selalu kenakan sunblock. Di usia ini kulit Anda mudah keriput, dan terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kulit keriput serta kering. Kenakan pelindung matahari setiap Anda memulai aktivitas.

Pouring water into a glass

12. Minum air putih saat bangun tidur. Hal ini akan membuat tubuh terhidrasi, juga menyegarkan otak.

13. Jauhi fast food. Di usia ini, sebaiknya Anda mulai menghindari fast food, jika tidak terpaksa sekali lebih Anda tidak mengonsumsinya sama sekali. Namun jika Anda sangat ingin makan junk food, imbangi dengan makanan sehat ya, dan ingat jangan terlalu sering.

14. Kurangi nonton TV dan penggunaan gadget. Hal in dapat memicu Anda kesulitan tidur, sementara di usia ini, pastikan Anda tidur cukup.

15. Berhenti merokok. Konon, wanita yang berhenti merokok sebelum usia 40 tahun akan hidup 10 tahun lebih lama.

16. Jangan hiraukan ingredients. Di usia 20-an, mungkin Anda tidak terlalu peduli dengan ingredient yang terdapat dalam makanan. Namun kini Anda sudah mulai harus memerhatikan hal tersebut. Hindari asupan tak sehat, dan selalu perhatikan komposisi makanan yang Anda asup.

17. “Bersihkan” isi dapur Anda. Jika selama ini Anda kerap menyimpan stok camilan kurang sehat, kini saatnya Anda mengganti kripik kentang dengan buah-buahan. Si Kecil dan pasangan juga jadi ikutan sehat, kan?

18. Kunjungi dokter kulit. Konsultasikan kondisi kulit Anda pada dokter, biasanya di usia 30-an kulit Anda lebih kering, sehingga butuh perawatan khusus.

19. Jauhi alkohol. Alkohol mengandung lemak yang cukup tinggi, juga membuat tidur Anda tidak berkualitas.

20. Perawatan gigi. Memasuki usia 30 ke atas, kondisi gigi juga butuh perhatian yang lebih dari biasanya. Pastikan Anda rajin membersihkan gigi dengan dental floss agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal.

21. Perhatikan kondisi finansial. Menurut penelitian, stres atau depresi yang kerap terjadi akibat kondisi keuangan. Nah mulai sekarang, ada baiknya Anda menggunakan uang secara bijak. Memiliki tabungan adalah hal yang mutlak bagi Anda agar tidak stres yang akhirnya mengganggu kesehatan.

22. Kendalikan emosi. Di usia 20-an, bisa jadi emosi Anda masih kurang stabil. Namun di usia sekarang ini, Anda harus lebih bijak, jangan sampai emosi Anda malah merugikan diri sendiri.

23. Fokus pada postur tubuh. Pastikan Anda duduk tegak, dan area perut kencang.

24. Hindari infeksi pada tubuh. Yes Mams, perhatikan makanan Anda, jangan sampai memicu infeksi atau peradangan. Olahraga teratur, serta hindari polusi udara.

25. Tidur cukup dan berkualitas. Selain tubuh lebih segar, tidur yang cukup juga dapat membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit, dan menjaga hormon tetap seimbang.

26. Lebih sering orgasme. Konon, rutin bercinta dan orgasme dapat membuat Anda lebih awet muda lho, Mams.

27. Membeli produk organik. Di usia ini, ada baiknya Anda mulai menggunakan segala sesuatu, mulai dari bahan makanan, perawatan kulit, hingga alat pembersih rumah yang natural. Hindari paparan bahan kimia terlalu banyak.

28. Jadwalkan pemeriksaan kesehatan. Dulu mungkin Anda tidak terlalu peduli dengan hal ini. Namun kini, pastikan Anda mencatat jadwal check up secara rutin.

29. Jadwalkan me time. Sibuk bekerja dan mengurus anak, membuat Anda kerap melupakan diri sendiri. Jadwalkan waktu me time Anda untuk ke salon, hang out with the girls, dan menyendiri untuk sementara waktu.

30. Evaluasi orang-orang di sekitar Anda. Hubungan yang kurang baik juga dapat membuat Anda stres, baik hubungan denga pasangan maupun orang lain di sekeliling Anda. Bicarakan langsung dengan pasangan jika ada masalah yang mengganjal, dan putus saja hubungan Anda dengan orang-orang yang negatif. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

 

 

Shares