Health

Jenis Alergi yang Mungkin Diderita Para Mama

By  | 
Alergi merupakan reaksi yang berlebihan dari sistem pertahanan alami tubuh yang membantu melawan infeksi. 

Selain pada anak, beberapa jenis Alergi mungkin saja menyerang orang dewasa, termasuk kita para mama (Baca: Kenali Alergi Pada Si Kecil). Mulai dari alergi makanan, debu, hingga kulit. Jika Anda merasakan berbagai gejala yang mengganggu seperti mual dan muntah, mata terasa gatal, bersin – bersin, diare, sakit perut, hingga sesak napas, ada baiknya mulai berkonsultasi dengan dokter untuk mengenali jenis alergi yang diderita.

Woman at the doctor

Untuk mengetahui hal ini secara medis, dokter biasanya akan mencari tahu penyebab gejala dari riwayat konsumsi makanan, melakukan diagnosa, tes darah untuk mengukur kadar antibodi alergi di dalam aliran darah, tes kulit, dan rangkaian tes eliminasi makanan.

Berikut beberapa jenis Alergi yang dapat menyerang orang dewasa:
1. Alergi Makanan
Beberapa jenis makanan tertentu yang sangat umum menyebabkan alergi makanan diantaranya udang, lobster, kepiting, ikan, dan kacang-kacangan.
2. Asma
Peradangan pada saluran udara yang menyebabkan kesulitan bernapas. Asma sering tidak diklasifikasikan sebagai alergi tetapi sering diidentifikasi sebagai reaksi akibat alergi terhadap debu/alergen hirup.

Itching
3. Eksim
Merupakan respon alergi terhadap bakteri yang berkembang pada kulit. Gejalanya bervariasi berbeda pada setiap orang, biasanya menyebabkan efek peradangan pada kulit.
4. Allergic Rhinitis 
Jenis Alergi yang umumnya menyerang daerah saluran hidung, sehingga menyebabkan berbagai efek seperti hidung tersumbat, bersin, gatal, atau mata berair. Biasanya disebabkan oleh debu atau tungau.

Mencari tahu dengan pasti jenisnya dan mengurangi kontak/konsumsi terhadap pemicu alergi akan membantu mengurangi dampak negatifnya terhadap kesehatan diri Anda sendiri. You can do it, stay healthy, Mamas! (Nathalie Indry /KR /Photo :Istockphoto.com) 

Shares