Finance

Sudahkah Anda Sukses Mengelola Keuangan Keluarga?

By  | 

Mengelola keuangan keluarga bisa dibilang gampang-gampang susah ya, Mams? Bagaimana dengan Anda, apakah Anda sudah merasa sukses dalam mengelola keuangan keluarga Anda? Ketahui jawabannya dengan mengenali 5 tanda dibawah ini. Bila Anda sudah berhasil melakukan kelimanya, maka Anda sudah tergolong sukses dalam mengelola keuangan keluarga!

  • Selalu membayar dengan uang tunai. Kartu kredit memang bisa Anda gunakan untuk keperluan apapun. Kendati begitu, Anda lebih suka menyimpan dengan rapat di dalam dompet Anda daripada menggunakannya untuk membayar belanjaan Anda. Baik murah ataupun mahal, Anda tetap memilih membayar barang tersebut dengan tunai. Kartu kredit hanya dipergunakan untuk keperluan darurat saja.
  • Tepat waktu membayar tagihan. Bukan hanya Anda saja, hampir semua orang juga punya utang. Namun selama Anda dapat membayar tagihan tersebut tepat waktu dan bahkan berusaha dapat segera melunasinya, maka keuangan Anda akan selalu aman terkendali, bebas dari utang dan denda tagihan yang menumpuk.
  • Bijak dalam menggunakan uang. Bukan berarti pelit, namun lebih cermat dalam mengeluarkan uang. Seperti misalnya, dapat menahan godaan untuk tak belanja barang-barang yang sedang sale karena memang Anda sedang tak butuh.

Couple saving money

  • Punya dana darurat. Memiliki simpanan dana darurat juga bisa menandakan kalau keuangan Anda cukup sukses. Dari situ dapat terlihat kalau Anda peduli dengan kehidupan di masa depan daripada kesenangan sesaat seperti berburu diskon misalnya. Anda lebih memilih mengisi tabungan Anda untuk keperluan biaya tak terduga seperti biaya kesehatan, renovasi rumah, perbaikan mobil yang rusak, bila Anda atau pasangan terkena PHK, dan sebagainya.
  • Rutin menabung. Walau telah memiliki simpanan dana darurat, bukan berarti Anda tak lagi perlu menabung. Dana darurat lebih tepat digunakan untuk kesehatan atau hal darurat lainnya. Sedangkan tabungan, bisa dipergunakan untuk liburan, ganti mobil baru, atau hal lainnya yang sifatnya tak darurat. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares