Pleasure

5 Destinasi Wisata Jelang Akhir Tahun

By  | 

Ya, tak ada yang lebih berkesan selain menghabiskan waktu bersama keluarga di malam tahun baru. 5 Destinasi wisata berikut menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bersama keluarga, Mamas!

1. Siem Reap
Anak Anda senang menonton Dora The Explorer? Anda dapat mengajak mereka mengeksplorasi candi-candi Angkor di Siem Reap, Kamboja. Walaupun di Indonesia banyak candi, candi-candi Angkor punya keunikan sendiri. Di Ta Prohm misalnya, anak-anak pasti senang menjelajah reruntuhan dan puing-puing. Mereka juga pasti antusias melihat akar-akar pohon besar membelit dinding candi yang usianya sudah ratusan tahun. Anak saya, ketika diajak ke Siem Reap, yang paling dia sukai adalah berkeliling kompleks Angkor dengan menggunakan tuk tuk.

2. Johor Bahru (JB)
Penerbangan langsung dari kota-kota di Indonesia ke kota di ujung selatan Malaysia ini berjumlah semakin banyak. Dulu, Johor Bahru tidak terkenal sebagai tujuan wisata bagi orang Indonesia. Kini, setelah dibukanya Legoland dan Hello Kitty Land, pariwisata menjadi salah satu aset utama negara bagian Johor.Walau sangat dikenal karena Legoland, sebenarnya Johor memiliki kekayaan alam yang memukau. Pantai-pantainya berpasir lembut dengan air biru jernih. Beberapa pulau di lepas pantai Johor memiliki resort terbaik di Malaysia. Wisata ke Johor Bahru sering dikombinasikan dengan wisata ke Singapura, karena keduanya terletak berdekatan. Perjalanan antara Johor Bahru dan Singapura dapat ditempuh dengan bus selama 30 menit hingga 1 jam, tergantung antrian di imigrasi. Untuk menghemat biaya, Anda bisa memilih akomodasi di JB dan mengunjungi Singapura hanya untuk day trip.

3. Hong Kong
Banyak orang yang berpendapat bahwa Hong Kong memiliki salah satu skyline terbaik di dunia. Salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan Hong Kong adalah The Peak, yang bisa dicapai dengan funicular tram yang sudah berusia 100 tahun. Bayangkan betapa senangnya anak-anak saat naik kereta yang bisa mendaki bukit ini! Sesampainya di atas, Anda bisa menikmati pemandangan indah yang terbentang luas.
Salah satu favorit saya di Hong Kong adalah Ngong Ping 360. Ngong Ping terletak di Pulau Lantau. Cara terbaik ke sini adalah menggunakan sky cab atau kereta gantung. Beberapa di antaranya didesain dengan lantai kaca, jadi penumpang bisa melihat ke bawah. Di sini, Anda bisa menikmati sisi lain dari Hong Kong yaitu Hong Kong dengan hutan hijau, perbukitan, dan pedesaan. Apabila Si Kecil menyukai wahana yang memacu adrenalin, maka Anda dapat membawa mereka bermain ke Disneyland Hong Kong.

4. Aceh
Ternyata Aceh juga merupakan destinasi wisata yang menarik untuk keluarga. Aceh punya berbagai pilihan kegiatan wisata. Anak-anak pasti akan merasa senang diajak ke ujung barat Indonesia ini. Pantai-pantai di Aceh terlihat sangat cantik dan banyak yang masih alami. Anak-anak akan merasa antusias saat berkunjung ke PLTD Apung yang kini sudah dibuat museum. PLTD Apung adalah kapal pembangkit tenaga listrik yang terhempas tsunami sejauh 3,5 meter dari bibir pantai. Selain itu, anak-anak bisa berkunjung ke Museum Tsunami yang memang dibangun interaktif untuk pengunjungnya. Para orang tuajuga dapat menikmati minum kopi Aceh kental di kedai-kedai yang tersebar di seluruh Aceh.
Apabila Anda memiliki waktu lebih, maka menyeberanglah ke Pulau Weh. Pantai-pantai di sini memiliki kecantikan yang fenomenal.

5. Sydney
Tidak ada hal yang lebih menyenangkan untuk dilakukan pada malam Tahun Baru selain menyaksikan kembang api. Terlebih apabila Anda sedang berada di Sydney, Anda dan keluarga harus menonton pertunjukan kembang api besar dan berwarna-warni yang menghiasi langit di atas Sydney Opera House dan Harbour Bridge. Selain menonton dari Circular Quay, Anda dapat menikmati kembang api dengan cara menginap di salah satu hotel yang berada dekat dari area itu.  Sydney memiliki banyak sekali tempat wisata untuk anak-anak, salah satunya adalah Taronga Zoo dan Luna Park Sydney. (Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares