Health

6 Tip Bagi Calon Mama yang Ingin Melahirkan Normal

By  | 

Mamas to be, menurut beberapa penelitian sebagian besar mama menginginkan proses persalinan dengan cara spontan atau normal. Nah jika Anda salah satunya, maka 6 tip berikut akan membantu Anda untuk melahirkan secara natural dengan lancar.

1. Pelajari prosesnya dengan detail. Mempelajari proses persalinan secara normal mulai dari teknik pernafasan, relaksasi, dan cara mengejan sejak awal akan membantu Anda untuk mempersiapkan diri melahirkan secara normal. Bila perlu, Anda dapat menonton video tutorial mengenai proses persalinan.

2. Pilih rumah sakit atau dokter yang mendukung persalinan secara normal. Setiap rumah sakit maupun dokter memang berbeda-beda. Namun biasanya Anda akan mendapatkan rekomendasi dari teman atau kerabat, sehingga Anda dapat memilih dokter yang pro persalinan normal.

3. Perhatikan pertambahan berat badan. Atur pola makan Anda ya, Mams, sebaiknya konsumsi makanan yang benar-benar sehat. Jika Anda tergoda dengan dessert atau makanan berlemak, boleh saja dicicipi tetapi dalam porsi yang kecil. Calon mama yang overweight rentan menghadapi komplikasi sehingga sulit melahirkan secara spontan.

preg woman 201216

4. Menjelang kelahiran, habiskan waktu di dekat rumah sakit. Jika rumah sakit yang Anda pilih dekat dengan tempat tinggal Anda, maka sebaiknya menjelang perkiraan tanggal lahir Anda berjalan-jalan di sekitar rumah. Berkunjung ke area yang jauh akan membuat Anda kesulitan jika tiba-tiba ketuban Anda pecah atau terjadi kontraksi. Jarak yang jauh akan mempersulit penanganan yang cepat, sehingga ada kemungkinan Anda tidak bisa melahirkan secara normal.

5. Banyak ‘main air’. Yes Mams, air hangat akan membuat Anda merasa lebih relaks. Oleh karena itu, kala kehamilan telah memasuki tahap akhir, tak ada salahnya berendam dalam air hangat sebentar agar tubuh Anda lebih segar.

6. Relax time! Sama seperti air hangat, beberapa cara berikut juga dapat membantu Anda merasa lebih santai dan mengurangi rasa tegang menjelang persalinan. Contohnya, pijat, mendengarkan musik, membaca buku, nonton film favorit, dan date night bersama pasangan. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares