Health

Bahayakah Bila Anak Sering Menelan Pasta Gigi?

By  | 

Tak adanya rasa ‘pedas’ dan aneka rasa yang tersedia pada pasta gigi anak, diharapkan membuat anak jadi mau menyikat giginya. Namun, pada beberapa anak yang sangat menyukai rasa pasta giginya, ia malah jadi suka menelan pasta gigi tersebut layaknya camilan yang bisa dimakan.

Tentunya, pasta gigi untuk anak memang dibuat agar aman apabila tertelan. Walau begitu, bukan berarti ia bisa memakannya. Lalu berbahayakah ini? Menurut Dr. David Kerr, dokter gigi dari todays dentistry, sebenarnya menelan pasta gigi tak akan jadi masalah, karena pasta gigi untuk anak mengandung fluoride yang rendah atau bahkan sama sekali tak mengandung fluoride.

Namun, jika ternyata pasta gigi anak yang digunakan mengandung fluoride, dan secara terus-menerus dan berlebihan ditelan oleh anak, maka bisa saja ia keracunan fluoride lho, Mamas. Fluoride adalah senyawa kimia yang digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat pasta gigi. Senyawa ini dipercaya mampu memperkuat gigi, namun ternyata berbahaya jika dikonsumsi. Bila dikonsumsi dalam jumlah besar dan secara terus menerus, pada anak fluoride dapat mengganggu perkembangan tubuh, mengganggu fungsi organ tubuh, kerusakan tulang, IQ rendah, dan sebagainya.

Lalu bagaimana caranya menghindari kebiasaan Si Kecil ini, tentu saja Anda juga tak mau kalau ia tak sikat gigi kan?

  • Beri sedikit saja. Cukup berikan sedikit saja pasta gigi di atas sikat giginya, dan ratakan ke seluruh permukaan sikat. Tak perlu banyak-banyak karena sebenarnya bukan pasta gigi yang berperan besar saat Anda membersihkan giginya, melainkan bulu sikat yang digerakkan untuk menyikat gigi SI Kecil kesana-sini. Penggunaan pasta gigi ini digunakan untuk menambah minat anak menyikat giginya.
  • Berkumur.Pastikan setelah Anda menyikat giginya, ia segera berkumur-kumur guna membilas sisa-sisa makanan dan pasta gigi yang menempel pada giginya. Ajari ia cara berkumur yang benar ya, mamas. Jika ia belum bisa berkumur, menolak berkumur, atau bahkan mengisap bulu sikat gigi agar bisa merasakan sisa-sisa pasta gigi, maka lebih baik Anda tak memberinya pasta gigi dan cukup gunakan air ketika menyikat giginya.
  • Simpan dengan baik. Simpan pasta gigi ini di tempat yang tak terjangkau olehnya. Sehingga, ia tak bisa mencuri-curi untuk mencicipinya di luar waktu menyikat gigi. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares