Finance

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Kredit Mobil Bekas

By  | 

Kepemilikian kendaraan bermotor kini telah menjadi kebutuhan utama keluarga ya, Mams. Nah, bila saat ini Anda &dan pasangan tengah berkeinginan untuk mengajukan kredit mobil bekas guna mendapatkan harga cicilan yang lebih terjangkau, pelajari dulu cara kerja dan proses kreditnya berikut ini.

“Hampir 90% transaksi penjualan mobil bekas terjadi secara langsung antara penjual perorangan dan pembeli.” – survey OLX.

Proses Jual Beli
Yes, Mams. Berbeda dengan membeli mobil baru, membeli mobil bekas tidak harus melalui showroom. Bahkan banyak pembelian mobil bekas yang dilakukan secara perseorangan. Kesamaannya terletak pada keberadaan pihak penyedia kredit, yang nantinya akan memberikan pinjaman dana kepada pembeli mobil bekas, misalnya pihak leasing kendaraan bermotor/Bank.

Suku Bunga yang Ditetapkan?
Kredit mobil bekas memang lebih mahal dikarenakan beberapa alasan. Terutama karena uang muka dan suku bunga yang ditetapkan untuk kredit mobil bekas lebih tinggi daripada mobil baru. Minimal uang muka kredit mobil bekas adalah 30% dengan premi asuransi yang disesuaikan dengan usia mobil dan periode kredit yang dipilih.

Cant wait to take it for a spin

Premi Asuransi
1. Mobil dengan usia di bawah 10 tahun, premi asuransinya berkisar antara 1.00% – 3.25% untuk periode 12 hingga 48 bulan.
2. Mobil di atas usia di atas 10 tahun, premi asuransinya berkisar antara 1.20% – 8.94% dengan periode kredit yang sama.

Pihak Penyedia Kredit
Pastikan Anda memilih dengan cermat antara leasing & bank:
1. Leasing kendaraan bermotor: Sistem persetujuan kredit yang ditawarkan biasanya lebih mudah. Pihak penyedia kredit akan melakukan survei dan menyampaikan hasilnya dalam waktu kurang dari 5 hari. Namun, suku bunga yang ditetapkan biasanya akan lebih tinggi daripada bank.
2. Bank: Pihak bank memiliki program pinjaman khusus yang disebut Kredit Kendaraan Bermotor dengan kisaran bunga antara 4 – 6%. Namun memang, pengajuan kredit melalui bank memang relatif lebih sulit dengan persyaratan yang cukup ketat. 

Tip Kredit Mobil Bekas
1. Cek kendaraan dengan cermat & negosiasi harga. 
Pastikan Mamas mendapatkan mobil dengan kualitas prima, tidak harus membiayai berbagai kerusakan yang dimiliki oleh mobil bekas dengan harga yang lebih murah.
2. Konsultasi skema pembiayaan. 
Penting untuk dilakukan! Untuk memperoleh nilai cicilan terbaik sesuai dengan kemampuan, mamas dan pasangan sebaiknya berkonsultasi dengan pihak leasing/bank mengenai jumlah uang muka yang harus dibayarkan, baik secara tunai ataupun cicilan. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares