Relationship

Menghadapi Tipe Pasangan yang Selalu Lari dari Masalah

By  | 

Pernikahan tak akan pernah luput dari masalah. Konflik dan argumen pasti akan selalu ada, apalagi Anda dan suami pasti memiliki karakter dan kebiasaan yang berbeda. Hal ini tak akan jadi masalah bila Anda dan pasangan mau menghadapi masalah tersebut bersama dan memang sama-sama berniat menyelesaikan masalah yang ada demi keutuhan rumah tangga.

Namun permasalahan tak akan bisa diselesaikan dengan mudah bila salah satu atau bahkan keduanya tak ingin menghadapi masalah yang ada, dan justru menghindar. Selain tak akan menyelesaikan masalah, lari dari masalah bisa jadi justru memperburuk kondisi yang ada. Dan bila ternyata pasangan Anda atau bahkan Anda sendiri adalah tipe yang seperti itu, membiarkan sifat seperti ini bukanlah hal yang baik.

491388718

Cara Menghadapi

“Menghadapi pasangan yang memilih selalu diam saat terjadi konflik dan cenderung lari dari masalah, akan membuat Anda ingin terus mendesaknya agar bicara atau bertindak. Berhati-hatilah, memaksa dan memojokkan tipe yang demikian seperti mematik bom waktu yang tiba-tiba meledak,” urai Dr Cecilia D’Felice, Relationship and Family Expert.

Menurut Cecilia, tipe orang seperti pasangan Anda ini membutuhkan suasana kondusif untuk mencari solusi. Karena itu, ajaklah ia berdiskusi berdua saja dengan nada bicara yang tenang. Saat anda berbicara dengannya, pastikan penjelasan dan argumen Anda masuk akal.Namun bila ternyata justru Anda lah orang yang ketika berkonflik lebih memilih diam dan lari dari masalah, maka sebaiknya mulailah mendengarkan penjelasan dan curahan hati pasangan Anda, Mamas.

“Dengarkan penjelasan suami Anda dan sampaikan apa yang menganjal dan mengganggu pikiran Anda padanya. Latihlah diri Anda untuk tidak diam dan lari dari masalah. Hubungan Anda bisa jadi justru akan mengarah pada perpisahan ketika semua masalah Anda hadapi dengan lari dari masalah,” urai Cecilia.

Jadi, bagaimanapun beratnya masalah Anda dan suami, cobalah untuk tak menghindar dari masalah. Hadapi, dan selesaikan dengan kepala dingin tanpa emosi ya, Mams! (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares