Finance

Lakukan Ini Saat Hendak Belanja Bulanan!

By  | 

Saat yang tepat untuk mengatur keuangan Anda adalah ketika Anda gajian. Pada saat itu, Anda bisa langsung membaginya ke dalam beberapa pos. Dan salah satunya adalah pos untuk belanja bulanan.

Belanja bulanan adalah kebutuhan rutin Anda setiap bulan seperti sabun cuci, sampo, pasta gigi, gula pasir, teh, kopi, beras, dan sebagainya. Nah, untuk belanja bulanan pun, harus ada triknya lho, Mamas guna menghindari belanja over budget yang kemudian membuat Anda terpaksa mengurangi nilai pos-pos yang lain.Dan berikut ini adalah trik bagaimana belanja bulanan dengan smart bagi Anda, para Smart Mamas:

  • Cek bahan-bahan di rumah. Mengecek stok bahan-bahan yang masih tersisa di rumah, akan membantu Anda terhindar dari belanja berlebihan. Belilah bahan-bahan yang memang harus dibeli untuk satu bulan kedepan bila memang stoknya sudah menipis. Sedangkan bila masih ada sisa stok, maka perhitungkan berapa banyak lagi bahan yang harusnya Anda beli.

list

  • Buat rincian belanja. Selain agar tak lupa barang-barang yang dibutuhkan, membuat listbarang-barang yang akan dibeli juga akan membantu Anda untuk lebih hemat. Asalkan, Anda disiplin dengan hanya membeli barang-barang yang memang ada dalam daftar rincian. Tulis semua bahan yang dibutuhkan selama satu bulan sebelum Anda memutuskan belanja.
  • Belanja sendirian. Memang sih, belanja bulanan akan lebih seru bila mengajak anak-anak dan suami bersama Anda. Suasana akan lebih seru saat bersama mereka. Namun kemungkinan pengeluaran jadi membengkak sangatlah besar. Jadi, sebisa mungkin sebaiknya Anda melakukannya sendiri saja, Mamas. Dengan begitu Anda lebih fokus dengan barang yang akan dibeli.
  • Beli dalam jumlah besar.Membeli barang dalam jumlah berlebihan memang bisa dibilang boros, kecuali Anda memang mebutuhkannya secara rutin dan sedang ada promo. Dengan begitu, Anda justru akan lebih hemat, Mamas.
  • Bayar dengan uang tunai. Biasakan untuk membayar segala sesuatunya dengan tunai. Dengan begitu Anda akan lebih menghargai uang yang Anda keluarkan, sehingga tak terpikir untuk belanja berlebihan di luar budget yang telah disiapkan. Happy shopping, Smart Mamas! (TammyFebriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares