Beauty & Style

Q&A : Apa Saja Perlengkapan ASI yang Harus Dibawa ke Kantor?

By  | 
Q : Saya adalah new mom yang baru saja menyelesaikan masa cuti melahirkan. Saat ini saya tengah menyiapkan peralatan ASI yang akan saya bawa ke kantor. Produk wajib apa saja yang bisa saya bawa? 
Terry, mama dari Karla, 3 bulan
A : Agar urusan breastfeeding lancar meski harus kembali ke kantor, Anda bisa bawa beberapa produk berikut ini.

Apron atau nursing cover. Gunakan nursing cover ini saat memerah ASI di kantor atau di manapun Anda berada.

monroe-nc-inuse-1000px
-Pemompa ASI. Bagi Anda ibu bekerja, pemompa ASI pastinya sangat dibutuhkan. Pilih pemompa yang paling membuat Mamas merasa nyaman dan tidak sakit. Pemompa ini ada dua pilihan yaitu elektrik dan manual.

202-6595_PI_TPS199756
-Botol atau plastik ASI. Setelah dipompa atau diperah, ASI sebaiknya disimpan di botol kaca yang tertutup rapat sebelum disimpan difreezer. Selain botol kaca, Anda juga bisa menggunakan plastik ASIP (ASI Perah).

450.450_81d456f9c6724eb1aeb0d4c63f51e7f5
Cooler bagTas ini penting untuk membawa ASI yang sudah diperah saat Anda pulang dari kantor ke rumah. Pilih cooler bag yang bisa memuat semua perlengkapan seperti pemompa dan botolnya, botol tempat ASIP, serta ice pack.
Ice pack atau gel packBenda ini berguna agar ASIP lebih awet dinginnya. Langsung taruh ice pack atau gel pack begitu Anda tiba di kantor. Saat Anda pulang, taruh ice pack di dalam cooler bag bersama ASIP (ASI Perah).

4656737_b9b7c31e-21fa-11e4-b9a3-80bf4908a8c2
Breast pad. Breast pad dibutuhkan untuk menyerap ASI Mamas yang berlebihan dan bisa kerap keluar secara tiba-tiba. Dengan menggunakan breast pad ini, baju kantor bisa terhindar dari basah. Breast pad biasanya dilengkapi bantalan yang dapat menyerap ASI dan digunakan sekali pakai.

28000322-philips-avent-disposable-breast-pads-60pk---day_lr-pack-shot

Milkies milk saver. Alat penampung ASI ini sangat berguna untuk menampung tetesan ASIP saat Anda sedang memerah payudara sebelah sehingga tak terbuang. Daya tampungnya bisa sampai 60 ml tetesan ASI dan cara memasangnya juga mudah, tinggal diselipkan ke dalam cup bra saja.
MMS-2
(Yosi Avianti/LD/ Photo: Istockphoto.com)

Shares